Selasa, Juni 25, 2024

Waspada! Modus Penipuan Mengatasnamakan Aplikasi BCA Mobile, Bagaimana Jika Terlanjur Mengklik?

Namun, tindakan tersebut justru memberikan kesempatan kepada para penipu untuk mencuri data pribadi dan menguras saldo di rekening korban

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Aplikasi BCA Mobile (foto-shutterstock)
Aplikasi BCA Mobile (foto-shutterstock)

JAKARTA- Waspada! Modus Penipuan Mengatasnamakan Aplikasi BCA Mobile, Bagaimana Jika Terlanjur Mengklik?

Modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Central Asia (BCA) kembali menjadi perhatian masyarakat. 

Setelah modus transfer Rp 0, kini para penipu menggunakan cara lain yaitu menyasar data pribadi masyarakat melalui aplikasi BCA Mobile.

Modus yang digunakan oleh para penipu ini berawal dari tampilan informasi palsu yang menyatakan bahwa akun mobile banking BCA pengguna terkena virus.

Dalam pesan tersebut, pengguna kemudian diminta untuk mengklik tautan guna menghapus virus tersebut. 

Namun, tindakan tersebut justru memberikan kesempatan kepada para penipu untuk mencuri data pribadi dan menguras saldo di rekening korban.

informasi beredar luas di grup pesan singkat WhatsApp yang memperingatkan masyarakat untuk tidak mengklik tautan tersebut. 

“Teman-teman dan saudara-saudara, jika M-Banking kamu muncul seperti ini, jangan sekali di klik untuk hapus virus, karena saldo kamu akan terkuras. Biarkan sehari atau 2 hari kemudian tampilan virusnya akan hilang dengan sendirinya. Dan M-Banking akan bisa dibuka kembali,” tulis pesan tersebut pada Senin 24 Juli 2023.

Menanggapi maraknya modus penipuan ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengeluarkan peringatan kepada nasabahnya agar berhati-hati terhadap tampilan pop-up peringatan virus di aplikasi BCA Mobile. 

EVP Corporate Communication & Social Responsibility, Hera F Haryn, menghimbau agar nasabah tidak mengklik apapun yang muncul dalam pesan tersebut.

Jika terlanjur melakukan klik, download, atau install aplikasi yang mencurigakan, BCA menyarankan agar nasabah segera menghapus aplikasi BCA Mobile dan segera menghubungi contact center HaloBCA melalui nomor 1500888 atau melalui aplikasi Halo BCA.

Hera juga menambahkan, BCA senantiasa mengimbau nasabah setianya untuk selalu waspada saat melakukan install aplikasi di luar PlayStore dan AppleStore, serta melakukan update software HP terbaru.

Selain itu, BCA juga mengingatkan seluruh nasabahnya untuk tidak memberikan data pribadi yang bersifat rahasia kepada siapapun, termasuk kepada kerabat atau orang terdekat. 

Data yang dimaksud antara lain Personal Identification Number (PIN), One Time Password (OTP), Password, Response KeyBCA, Card Verification Code (CVC), atau Card Verification Value (CVV).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...