Rabu, Juni 19, 2024

Warning untuk Kades se-Kabupaten Sambas, Satono: Hati-hati dalam Mengelola Keuangan Desa

DINDANEWS, PONTIANAK – Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) harus lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan desa. Pasalnya, sudah banyak yang tersangkut masalah hukum.

“Saya ingatkan Kades untuk betul-betul dan hati-hati dalam mengelola keuangan desa,” kata Bupati Sambas Satono, kemarin.

Satono mengaku, selama menjabat sebagai Bupati Sambas sekitar 7 bulan, sudah banyak mendapat laporan terkait permasalahan keuangan di desa.

Beberapa permasalahan dalam mengelola keuangan desa tersebut, ungkap Satono, bahkan sudah ada yang sampai ke ranah hukum.

“Beberapa masalah bisa diselesaikan dengan baik di internal. Tetapi ada juga yang tidak bisa ditolerir,” kata Satono.

Kalau sudah masuk ranah hukum, tambah dia, Bupati dan Wakil Bupati tidak bisa lagi melakukan intervensi untuk menyelesaikannya. “Karena hukum tetaplah hukum,” tegas Satono.

“Sebenarnya, selama kita mengacu kepada Tupoksi, regulasi dan mekanisme yang dijalankan sesuai undang-undang yang berlaku. Insya Allah aman,” ucap Satono.

Dalam suatu kegiatan desa, jelas Satono, kendati perencanaan sudah benar, kalau asas manfaatnya tidak ada, juga berpotensi melanggar hukum.

Begitupun sebaliknya, walaupun ada asas manfaatnya, tetapi tidak melalui prosedur perencanaan, juga berpotensi melanggar hukum.

“Maka saya pesan sekali lagi, menyangkut keuangan ini harus hati-hati. Kita sama-sama mengelola uang rakyat, dana pemerintah. Setiap kegiatan harus ada perencanaan yang matang, sampai kepada asas manfaatnya,” pungkas Satono.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *