Senin, Juni 17, 2024

Viral Video Jukir Liar Pasang Tarif Mahal

DINDANEWS, PONTIANAK – Belakangan viral di Media Sosial (Medsos) video yang memperlihatkan seorang Juru Pakir atau Jukir liar meminta tarif diluar ketentuan.

Dalam video viral tersebut, si Jukir liar diamankan karena melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2020 tentang Retribusi Jasa Umum.

Aturan ini menyebutkan kalau tarif parkir sepeda motor RP2.000. Sedangkan mobil Rp3.000. Sementara Jukir liar memasang tarif yang lebih mahal.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono langsung meminta Dinas Perhubungan segera melakukan investigasi untuk menangkap Jukir liar.

Lantaran apa yang dilakukan Jukir liar tersebut sudah termasuk pemerasan terhadap pemilik kendaraan bermotor di Kota Pontianak.

“Saya minta Dishub melakukan penertiban terhadap Jukir liar itu,” tegas Edi Rusdi Kamtono, Jumat (18/2).

Ia juga meminta Dishub Kota Pontianak untuk mengawasi titik-titik parkir guna mengantisipasi Jukir liar.

Edi juga berharap warga melapor ke Dishub Kota Pontianak bila menemukan atau merasa diperas Jukir liar.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Pontianak Utin Srilena Candramidi menerangkan Jukir dalam video viral itu bukan Jukir resmi.

Polsek Pontianak Selatan, ungkap dia, sudah mengamankan Jukir liar tersebut.  “Jukir itu memungut tarif parkir diluar ketentuan Perda,” kata Srilena.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan razia penertiban Jukir liar, termasuk Jukir resmi yang nakal di Kota Pontianak.

Tim razia ini nantinya, lanjut dia, terdiri atas Dishub, Badan Keuangan Daerah (BKD), kepolisian dan dibackup Pomad.

“Selain dibawa ke aparat penegak hukum, lokasi parkirnya akan kita tarik izinnya dan akan dilelang untuk mereka yang lebih beritikad baik dan benar dalam mengelola lahan parkirnya,” pungkas Srilena.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *