Jumat, Juni 14, 2024

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Ini Target Pemerintah Kota Pontianak

DINDANEWS, PONTIANAK – Vaksinasi anak usia 6-11 tahun sedang berjalan di Kota Pontianak sejak dicanangkan pada Rabu 19 Januari 2022 lalu.

Dalam program Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini, Pemerintah Kota Pontianak memasang target fantastis hingga Maret 2022 mendatang.

Minimal 80 persen dari target 60 ribu anak di Kota Pontianak sudah harus mengikuti program Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini.

Untuk mencapai target, Vaksinasi anak 6-11 tahun akan terus digencarkan sejak pagi hingga sore di sentra-sentra vaksinasi maupun Puskesmas di Kota Pontianak.

“Sebelum divaksin, anak-anak juga melewati proses screening,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat pencanangan Vaksinasi Anak 6-11 tahun.

Screening tersebut, jelas Edi, untuk memastikan kondisi kesehatan anak-anak tersebut serta harus seizin orangtuanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu mengungkakan, target Vaksinasi ini 65.893 anak usia 6-11 tahun.

Penerima vaksin anak ini bisa berasal dari pendidikan formal SD atau madrasah maupun pendidikan non formal seperti pesantren atau anak berkebutuhan khusus.

Lantaran Vaksinasi anak ini booster bagi Lanut Usia (Lansia) serta masyarakat umum lainnya, pelaksanaan akan disesuaikan dengan ketersediaan vaksinator.

“Untuk anak-anak akan dijadwalkan atau dikoordinir oleh masing-masing Puskesmas untuk dilakukan di sekolah-sekolah,” jelas Handanu.

Ia meminta para orangtua dan pihak sekolah menunggu jadwal giliran dari Puskesmas terdekat untuk Vaksinasi anak.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari penumpukan peserta Vaksinasi di pos pelayanan yang petugasnya terbatas.

“Semuanya akan kita atur karena rentang waktu kita juga cukup panjang hingga Maret 2022,” pungkas Handanu.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *