Senin, Juni 17, 2024

Tongkang Terbakar di Sungai Kapuas Saat Tiga Awak Bersihkan Sisa CPO

DINDANEWS, PONTIANAK  – Peristiwa ledakan pada tangki kapal tongkang SPOB Rezeki terjadi di dok kapal, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (5/1/2022) pukul 11.00 WIB.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Dirmanto menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi saat ketiga awak kapal membersihkan sisa muatan CPO.

“Dua orang ABK masuk kedalam tangki avoid untuk membersihkan sisa CPO yang sudah selesai dibongkar berkisar dua bulan yang lalu. Yang satu orang lainnya menunggu di luar,” kata Dirmanto saat dihubung, Kamis (6/1/2022).

“Atas peristiwa itu, kedua korban luka bakar dilarikan ke Puskesmas Rawat Inap Jungkat dan kemudian dirujuk lagi ke RS Santo Antonius Pontianak,” sambung Dirmanto.

Ditambahkan, saat ini satu awak kapal masih dalam pencarian. selain itu jajaran Polda Kalbar yang ada di Kabupaten Mempawah, khususnya Polsek jungkat telah melakukan olah tempat kejadian perkara, yakni penyelidikan atas penyebab terjadinya ledakan tangki di kapal tersebut.

Diberitakan, sebuah kapal tongkang SPOB Rezeki mengalami korsleting listrik dan terbakar di Sungai Kapuas, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu sore.

“Kejadian bermula saat terjadi kebocoran gas dan korsleting listrik di dalam kapal yang menyebabkan percikan api dan ledakan yang cukup besar” kata Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi, Rabu sore.

Menurut Yopi, terdapat tiga korban dalam peristiwa ini.

“Tiga anak buah kapal ( ABK ) menjadi korban dalam peristiwa ini. Dua korban mengalami luka bakar dan sedang dirawat di rumah sakit sementara satu orang masih hilang, hilangnya korban disebabkan melompat ke sungai saat terjadi ledakan,” ucap Yopi.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *