Rabu, Juni 19, 2024

Sukiryanto Ajak Ibu-ibu di Pontianak Cegah Stunting Pada Anak

Foto Sukirayanto saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan DPC PDI Perjuangan Pontianak, Sabtu, 9 September 2023 (Foto Mistur)

PONTIANAK – Sukiryanto Ajak Ibu-ibu di Pontianak Cegah Stunting Pada Anak

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sukiryanto menjadi narasumber dialog kebangsaan mencegah dan mengatasi stunting di Kota Pontianak, di Hotel Mercure, Pontianak pada Sabtu, 9 September 2023.

Pada kesempatan ini, Haji Sukiryanto mengajak pesera yang hadir untuk bersama-sama mensukses program pemerintah terkait stunting.

Terlebih stunting ini juga menjadi satu diantara hal yang disorot Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua PDI Perjuangan.

Ia menyebut, sekarang ini pemerintah dan legislatif telah melakukan berbagai intervensi, baik yang bersifat spesifik maupun sensitif terhadap masalah stunting.

“Presiden Republik Indonesia telah menetapkan target untuk mengurangi angka stunting di Indonesia menjadi 14 persen pada tahun 2024,” jelasnya.

Sukiryanto menyoroti beberapa faktor penyebab stunting, antara lain kurangnya pengetahuan tentang gizi, permasalahan ekonomi, kebersihan personal, lingkungan yang tidak sehat, dan berbagai penyakit.

Stunting dikatakannya juga dapat berdampak negatif pada pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Itu tentunya menjadi sebuah ancaman, terlebih Kalimantan Barat masuk salah satu dari 12 provinsi dengan tingkat stunting tertinggi di Indonesia pada tahun 2022, maka perlu peran kita bersama,” terangnya.

Untuk itu, Sukiryanto menegaskan pentingnya tindakan proaktif dari pemerintah daerah dalam menangani kasus stunting ini.

Dia juga menekankan bahwa selain pemerintah, masyarakat harus lebih sadar akan bahaya stunting sejak dini, bahkan sejak usia kandungan.

“Berikan anak-anak makanan sehat dan mengurangi konsumsi makanan siap saji yang kurang bergizi,” himbau Sukir di acara yang dihadiri oleh perempuan dan ibu muda tersebut. (Gil)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...