Selasa, Mei 21, 2024

Spesifikasi Pesawat Milik SAM Air yang Hilang Kontak di Bandara Ilaga Papua Tengah

Perlu diketahui, pesawat yang hilang kontak itu merupakan pesawat buatan Cessna Aircraft Company bertipe Grand Caravan C208B

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Ilustrasi Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri berjenis Caravan (foto-IST)
Ilustrasi Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri berjenis Caravan (foto-IST)

PONTIANAK- Spesifikasi Pesawat Milik SAM Air yang Hilang Kontak di Bandara Ilaga Papua Tengah

Pesawat perintis milik maskapai SAM Air hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Menurut laporan dari Airnav Indonesia, pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) dengan registrasi PK-SMW itu hilang kontak pada pukul 11.07 WIT.

pesawat diketahui terakhir pada koordinat POIK (16 NM arah selatan dari Bandara Elelim).

Perlu diketahui, pesawat yang hilang kontak itu merupakan pesawat buatan Cessna Aircraft Company bertipe Grand Caravan C208B.

Dilansir dari laman resmi Cessna, pesawat berkapasitas 14 penumpang tersebut dilengkapi dengan mesin Pratt Whitney PT6A – 114A turbo dengan tenaga 675 HP.

Pesawat ini telah memiliki sistem kontrol penerbangan secara otomatis yang memungkinkan pesawat tetap terkendali di jalur koordinat.

Cessna C208B dikategorikan sebagai pesawat regional jarak pendek sayap tinggi (high wing).

Di Indonesia sendiri, pesawat ini kerap digunakan sebagai pesawat angkutan manusia dan barang di daerah-daerah yang memiliki medan sulit, seperti papua.

Selain SAM Air, Maskapai Indonesia yang banyak mengoperasikan peswat tipe ini ialah Susi Air milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. (Gil)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...