Sabtu, Juni 15, 2024

Siapa Sebenarnya Sosok Hercules? Eks Penguasa Tanah Abang yang di Tantang Duel Abah Jawara Garut

Awalnya, Hercules bekerja sebagai portir untuk TNI-AD pada masa integrasi Timor-Timur

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Rosario de Marshal atau yang dikenal dengan nama Hercules (kolase dnews)
Rosario de Marshal atau yang dikenal dengan nama Hercules (kolase dnews)

PONTIANAK- Siapa Sebenarnya Sosok Hercules? Eks Penguasa Tanah Abang yang di Tantang Duel Abah Jawara Garut. 

Mantan preman Tanah Abang, Rosario de Marshal atau yang dikenal dengan nama Hercules kembali mencuri perhatian publik setelah dihadang oleh seorang pria paruh baya yang mengklaim sebagai Abah Jawara Garut.

Pria tersebut menantang Hercules untuk bertarung satu lawan satu, tetapi setelah persetujuan Hercules, pria itu malah melarikan diri dengan naik pesawat.

Siapa sebenarnya sosok Hercules?

Hercules merupakan seorang gangster dan broker politik asal Indonesia yang lahir di Timor Timur pada tanggal 27 Mei 1968, sehingga saat ini berusia 55 tahun.

Awalnya, Hercules bekerja sebagai portir untuk TNI-AD pada masa integrasi Timor-Timur.

Setelah pindah ke Jakarta, ia mendirikan kelompok preman di kawasan Tanah Abang dan menjadi salah satu figur utama dalam dunia kriminal Jakarta pada era 1990-an.

Hercules sering muncul di acara televisi dan majalah tabloid serta memiliki hubungan politik dengan beberapa calon presiden, seperti Prabowo Subianto pada tahun 2014 dan 2019.

Hercules kehilangan satu tangannya dalam serangan di Ainaro pada tahun 1978 yang juga merenggut nyawa orang tuanya.

Setelah kejadian tersebut, ia direkrut oleh Zacky Anwar Makarim sebagai Tenaga Bantuan Operasional (TBO) dan dibawa ke Jakarta bersama sepuluh pemuda Timor Timur lainnya.

Meskipun terlibat dalam kegiatan premanisme, Hercules tetap aktif dalam organisasi masyarakat keagamaan dan senang membantu santunan untuk yatim piatu.

Setelah sering terlibat dengan hukum dan mendekam di penjara, Hercules akhirnya memilih untuk bertaubat dan masuk Islam pada tahun 2010.

Ia sering mendampingi para ulama Indonesia dan memiliki momen-momen dekat dengan mereka, seperti saat mencium tangan Habib Luthfi yang viral pada tahun 2021 dan berada di dekat Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Nabawi pada tahun 2023.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...