Jumat, Februari 23, 2024

Siapa Max Ruland Boseke? Kepala Baguna PDIP yang Jadi Tersangka KPK Terkait Kasus Truck Angkut Basarnas

“Untuk kebutuhan dan kelancaran proses penyidikan perkara dugaan pengadaan truk angkut personel dan rescue carrier vehicle,” ujar Ali Fikri

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Max Ruland Boseke, Kepala Baguna PDI Perjuangan dan Mantan Sekretaris Utama Basarnas (foto-kolase dnews)
Max Ruland Boseke, Kepala Baguna PDI Perjuangan dan Mantan Sekretaris Utama Basarnas (foto-kolase dnews)

JAKARTA- Siapa Max Ruland Boseke? Kepala Baguna PDIP yang Jadi Tersangka KPK Terkait Kasus Truck Angkut Basarnas.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan kasus baru di Basarnas, dua pekan setelah penangkapan seorang pejabat dalam operasi tangkap tangan pada tanggal 25 Juli lalu. 

Kali ini, KPK tengah menginvestigasi dugaan tindak korupsi terkait pengadaan truk angkut personel dan rescue carrier vehicle pada tahun 2014 di Basarnas.

Ali Fikri, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, mengungkapkan bahwa kasus ini memiliki perbedaan signifikan dengan kasus suap yang sebelumnya menjerat Kepala Basarnas, Marsdya Henri Alfiandi pada bulan Juli. 

Dalam kasus pengadaan truk angkut personel dan rescue carrier vehicle, KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka, namun identitas mereka belum diumumkan secara resmi. 

Nama-nama tersangka akan diumumkan hanya saat proses penangkapan atau upaya penahanan secara paksa dilakukan.

Ali juga menjelaskan bahwa langkah pencegahan dilakukan untuk memastikan ketiga tersangka tetap berada di dalam negeri selama tim penyidik memerlukan keterangan dari mereka. 

“Untuk kebutuhan dan kelancaran proses penyidikan perkara dugaan pengadaan truk angkut personel dan rescue carrier vehicle,” ujar Ali.

Pihak dirjend imigrasi kemenkumham membenarkan adanya permintaan pencegahan dari KPK terkait ketiga orang yang diduga tersangka dalam kasus ini.

“Aktif dalam daftar cegah, dari 17 Juni 2023 sampai dengan 17 Desember 2023. Diusulkan oleh KPK,” ungkap Ditjen Imigrasi dalam keterangan resmi.

ketiga tersangka yang diduga terlibat dalam kasus ini adalah Max Ruland Boseke, yang menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) dari PDIP dan juga menjabat sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Basarnas RI. 

Selanjutnya, Anjar Sulistiyono, yang merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK) di Basarnas RI, serta William Widarta, yang menjabat sebagai Direktur CV Delima Mandiri. 

Ketiganya telah dilarang meninggalkan negeri sejak 17 Juni 2023 hingga 17 Desember 2023, sebagai langkah pencegahan lebih lanjut dari KPK.

Profil Max Ruland Boseke?

Max Ruland Boseke, seorang tokoh yang dikenal sebagai pebisnis sukses dan berpengalaman dalam dunia pemerintahan, telah memegang beberapa jabatan penting dalam kariernya. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...