Rabu, Oktober 4, 2023

Siapa Anwar Abbas? Wakil Ketua MUI yang Tanggapi Gugatan Rp 1 Triliun Dari Panji Gumilang Dengan Santuy

Gugatan ini diungkapkan oleh Kuasa Hukum Panji Gumilang, Hendra Efendi, dalam sebuah keterangan tertulis pada Senin, 10 Juli 2023 malam

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) (foto-muhammadiyah)
Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) (foto-muhammadiyah)

PONTIANAK- Siapa Anwar Abbas? Wakil Ketua MUI yang Tanggapi Gugatan Rp 1 Triliun Dari Panji Gumilang Dengan Santuy

Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang, telah mengajukan gugatan senilai Rp 1 triliun terhadap Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, dan lembaga MUI ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

Gugatan ini diungkapkan oleh Kuasa Hukum Panji Gumilang, Hendra Efendi, dalam sebuah keterangan tertulis pada Senin, 10 Juli 2023 malam.

Panji mengajukan gugatan ini karena adanya pernyataan Anwar Abbas yang dituduh telah melemparkan tuduhan komunis berdasarkan potongan video yang beredar di media sosial tanpa adanya klarifikasi. 

Panji merasa bahwa pernyataan Anwar Abbas tersebut telah memojokkan, mendiskreditkan, dan menghina dirinya.

Menanggapi gugatan tersebut, Anwar Abbas tampak tidak terlalu menghiraukan. 

Ia tetap tenang namun menyatakan akan menghadapi gugatan tersebut dan taat pada hukum.

“Hehehe, no comment dahulu. Biasa, Itulah hidup. Iya, Saya taat dan menghormati hukum,” ujar Anwar Abbas pada Senin, 10 Juli 2023.

Lantas Siapa sosok Anwar Abbas?

Anwar Abbas terpilih sebagai salah satu anggota Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah untuk masa bakti 2022-2027. 

Ia terpilih dalam Muktamar Muhammadiyah dan Aisiyah ke-48 yang diselenggarakan pada tanggal 18-20 November 2022.

Anwar Abbas, yang lahir pada tanggal 15 Februari 1955, adalah seorang ulama, dosen, dan ahli ekonomi Islam Indonesia. 

Pria yang kerap di sapa Buya Anwar itu lahir di Jorong Balai Mansiro, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. 

Ia memperoleh gelar Magister Agama dengan konsentrasi ekonomi Islam dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan gelar Magister Manajemen dari STIE-IPWI Jakarta. 

Selain itu, ia juga meraih gelar Doktor Syariah/Pemikiran Islam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2008.

Sepanjang karirnya, Anwar Abbas telah menjadi seorang dosen tetap dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ia baru saja pensiun sebagai seorang dosen pada tanggal 1 Maret 2020. 

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor II dan IV di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta, yang sekarang dikenal dengan nama UHAMKA. 

Ia juga dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI periode 2020–2025. 

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal MUI (2015-2020) dan Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah (2015–2020). 

Ia juga memiliki pengalaman sebagai Bendahara Umum PP Muhammadiyah dan pernah menjadi Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Tak hanya itu, Anwar Abbas juga pernah menjadi Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Utusan Golongan pada periode 1997–1999. 

Di tingkat internasional, ia pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Konfederasi Buruh Islam Internasional (International Islamic Confederation of Labour, IICL) dari tahun 2000 hingga 2005.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

What to read next...