Rabu, Juni 19, 2024

Rutin Kunjungi Rumah Pasien TBC

DINDANEWS, KAPUAS HULU – Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas Putussibau Selatan rutin mengunjungi rumah warga yang mengidap penyakit Tuberculosis (TBC) atau TB Paru.

“Dengan adanya kegiatan kunjungan rumah ini, bisa mengontrol pasien yang TB paru. Terutama terkait minum obat OAT secara teratur,” kata Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah, kemarin.

Setiap penderta TB Paru, kata Dasmiati, harus meminum obat OAT selama 6 bulan, supaya proses penyembuhan berjalan efektif.

“Konsumsi obat teratur menjadi salah satu upaya untuk mengobati TB Paru. Untuk itu para pasien diharapkan rutin mengonsumsi obat dalam jangka waktu yang ditentukan,” jelas Dasmiati.

Ia juga mengingatkan pasien TB Paru untuk selalu menjaga kesehtan dengan menghindari hal-hal yang dapat memperparah penyakit yang dideritnya.

Seperti diketahui, penyakit TBC atau tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis yang menyerang bagian tubuh tertentu.

Paling sering menyerang paru-paru sehingga lebih lanjut disebut dengan penyakit TBC Paru atau secara singkat TB Paru.

Pihak Puskesmas Putussibau Selatan berupaya menumbuhkan kesadaran pasien TB Paru untuk rutin mengonsumsi obat OAT, dengan cara rutin mengunjunginya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *