Jumat, Juni 14, 2024

Rekomendasi Makanan yang Cocok bagi Penderita Asam Lambung

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada perut, mendorong naiknya asam lambung, dan akhirnya menyebabkan gangguan asam lambung

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Ilustrasi Asam Lambung (foto-istock)
Ilustrasi Asam Lambung (foto-istock)

PONTIANAK- Rekomendasi Makanan yang Cocok bagi Penderita Asam Lambung

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa jenis makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kadar asam lambung seseorang. 

Bagi penderita asam lambung, terutama yang mengalami kondisi asam lambung tinggi, memilih makanan yang tepat menjadi penting guna mengelola gejala dan meredakan keluhan.

Asam lambung tinggi merupakan gangguan pencernaan yang dapat menyerang siapa saja, namun paling umum dialami oleh orang-orang dengan kelebihan berat badan. 

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada perut, mendorong naiknya asam lambung, dan akhirnya menyebabkan gangguan asam lambung tinggi.

Selain orang dengan kelebihan berat badan, risiko asam lambung tinggi juga meningkat pada ibu hamil, penderita hernia hiatal, dan individu yang memiliki gaya hidup tidak sehat. 

Konsumsi makanan berlemak, makanan gorengan, serta makanan yang bersifat asam juga dapat meningkatkan risiko terjadinya asam lambung tinggi.

Bagi penderita asam lambung tinggi, sangat penting untuk memilih makanan dengan bijak. 

Konsumsi makanan yang tidak tepat dapat memperburuk kondisi asam lambung. 

Namun, ada beberapa jenis makanan yang telah terbukti dapat membantu meredakan gejala asam lambung tinggi, di antaranya adalah:

  • Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang dapat melapisi lapisan sensitif kerongkongan. 

Ini adalah pilihan yang baik bagi banyak orang karena tidak menyebabkan iritasi pada lambung.

  • Lidah Buaya 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2022 menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki potensi untuk mengurangi gejala asam lambung.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...