Sabtu, Juni 22, 2024

Puskesmas Suhaid Sweeping Balita, Hidayat: Khusus Usia 0-59 Bulan

DINDANEWS, KAPUAS HULU – Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) rutin sweeping Balita di wilayah kerjanya.

Rutinitas sweeping Balita tersebut dilakukan jajaran Puskesmas Suhaid untuk memastikan generasi penerus bangsa di Kabupaten Kapuas Hulu ini tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menurut Kepala Puskesmas Suhaid Hidayat, sasaran sweeping Balita ini adalah bayi usia 0 sampai 59 bulan yang tidak dibawa ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Selama sweeping Balita ini, petugas Puskesmas Suhaid mendatangi rumah-rumah yang memiliki bayi usia 0-59 bulan.

Petugas melakukan pengukuran antropometri terhadap Balita yang didatangi tersebut, yaitu penimbangan berat badan, tinggi badan, panjang badan, lingkar lengan dan lingkar kepala.

Kendati memiliki program sweeping Balita ini, Hidayat tetap mengimbau orangtua untuk membawa bayi ke Posyandu secara rutin.

“Kita harapkan agar para bayi atua Balita yang dikunjung tetap datang rutin setiap bulan pada saat pelaksanaan Posyandu di desanya masing-masing,” pinta Hidayat.

Seperti diketahui, Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Tujuan utama Posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *