Senin, Juni 17, 2024

Pusat Promosi Kerajinan Kapuas Hulu Masih Kosong

DINDANEWS, KAPUAS HULU – Gedung Pusat Promosi Kerajinan Kabupaten Kapuas yang menghabiskan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp879 Juta, masih kosong.

“Belum ada isinya,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Kapuas Hulu Iwan Setiawan, Senin 21 Februari 2022.

Untuk mengisinya, Iwan Setiawan mengaku sudah menggelar pelatihan dan Bimbingan Teknologi (Bimtek).

Selain itu, pihak juga telah memberikan bantuan peralatan dan bahan baku tenun kepada para perajin di Kapus Hulu.

Produk dari parajin itulah yang kelak mengisi Gedung Pusat Promosi Kerajinan yang baru saja diresmikan Bupati Kapuas Hulu Frasiskus Diaan ini.

Iwan berharap, para perajin Kapuas Hulu memanfaatkan gedung berukuran 19×9,8 meter tersebut untuk mempromosikan berbagai produk unggulan dari Bumi Uncak Kapuas ini.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan berharap, pusat promosi di Jalan Lintas Utara, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga keberadaan gedung ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Fransiskus Diaan.

Dalam kesempatan tersebut, Fransiskus Diaan juga mengingat untuk menjaga produk unggulan Kapuas Hulu, yakni Kain Tenun Sidan.

“Kain tenun Sidan sebelumnya pernah hendak diklaim negara tetangga. Namun berhasil dipertahankan karena itu kerajinan Iban Kapuas Hulu,” ungkap Fransiskus Diaan.

Ia juga berharap, seluruh stakeholder turut mempromosikan Gedung Pusat Promosi Kerajinan Kapuas Hulu ini.

Bila ada tamu dari luar, lanjut dia, hendaknya diarahkan ke pusat promosi kerajinan ini. Hal ini tentu akan membantu penjualan produk para perajin Kapuas Hulu.

“Ketika PLBN terbuka nanti masyarakat dari negara luar diharapkan bisa melihat dan membeli produk perajin Kapuas Hulu,” pungkas Fransikus Diaan.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *