Minggu, Juni 16, 2024

Puluhan Petani Plasma di Sintang Adukan Dua Perusahaan Sawit ke DPRD

DINDANEWS, SINTANG – Puluhan masyarakat Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Petani Plasma melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Sintang, Sekasa (8/3/2022) pagi.

Aksi demonstrasi itu berkaitan dengan adanya perusahaan HPI group dan Julong Group yang diduga menelantarkan lahan petani plasma di wilayah Kabupaten Sintang.

“Kami masyarakat merasa terjajah oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit oleh PT HPI Group dan PT Julong Group, yang hak-hak kami dirampas serta lahan-lahan yang diserobot tidak di bayar oleh perusahaan,” kata Yohanes Agus, koordinator aksi.

Yohanes menambahkan masyarakat selama ini merasa telah dirampas hak-haknya yang tidak diberikan oleh perusahaan. Sebab itu masyarakat saat ini menilai jika perusahaan sangat tidak berpihak kepada masyarakat.

“Petani plasma belum merasakan apa yang dinamakan kesejahteraan dan kenyamaan dalam menikmati pola yang diberikan pihak perusahaan. Masyarakat petani plasma belum bisa merasakan kesejahteraan dari adanya perusahaan sawit itu,” jelasnya.

Yohanes mengharapkan pengaduan ke DPRD ini bisa menjadikan solusi bagi masyarakat petani plasma. “Kita berharap DPRD bisa menjadi jembatan antara petani plasma dan perusahaan dalam menyelesaikan persoalan yang ada,” ungkapnya

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *