Senin, Juni 17, 2024

Prokopim Pontianak Terapkan Standar Media Online

DINDANEWS, PONTIANAK – Bidang Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pontianak memastikan kalau mereka bekerja sesuai standar media online dalam membuat press realease.

“Termasuk dalam hal kecepatan. Minimal satu jam setelah agenda, press release sudah dipublikasikan dan disebar ke jaringan yang kami miliki termasuk ke media,” kata Pejabat Fungsional Pranata Humas Bagian Prokopim Setda Kota Pontianak Kresna Kusumanegara.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam Kuliah Bareng Praktisi 2022 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Untan Pontianak di Aula Megister Fisip, Selasa 1 Maret 2022 pagi.

Dalam kegiatan bertema Communication In Trend: Impactful Digital World tersebut, Kresna mengatakan, perkembangan teknologi, terutama internet memang memotong jarak dan waktu.

Olehkarenanya Prokopim Pontianak terus berupaya menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut.

Contohnya, ungkap Kresna, dalam penggunaan alat kerja dari semula tape recorder kini menjadi Ponsel pintar atau smartphone.

“Kami terus mengembangkan kapasitas SDM yang ada untuk mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Saat ini, ruang digital memberi banyak kesempatan,” kata Kresna.

Dalam strategis kehumasan, selain terus mengikuti perkembangan teknologi, Prokopim Pontianak juga merangkaul para jurnalis media massa.

Kemudian fokus menyebarkan informasi melalui Media Sosial (Medsos). Salah satunya, lewat akun Instagram pemkot.pontianak yang kini telah memiliki 27,7 ribu pengikut atau followers

Dalam membuat press release, ungkap Kresna, Prokopim Pontianak tidak hanya terpaku pada kegiatan seremonial. Tetapi dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat pembaca.

Selain ditayangkan melalui platform atau website resmi milik Pemkot Pontianak, berita tersebut juga dikemas untuk Medsos.

“Kami ingin menjangkau berbagai segmen agar informasi tersebut tersebar ke berbagai lapisan masyarakat,” jelas Kresna.

Prokopim Pontianak juga terus menjalin komunikasi dan relasi di semua media. Bagi mereka, keterbukaan informasi menjadi hal yang harus dijunjung tinggi.

Tak heran, jika Pemkot Pontianak sering mendapat penghargaan sebagai Kota Terpopuler di Media Online.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *