Sabtu, Juni 22, 2024

Profil Nana Sudjana Pj Gubernur Jawa Tengah, Eks Kapolda Sulsel yang Gantikan Ganjar Pranowo

Nana Sudjana ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah. Sebelumnya, ia telah menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Nana Sudjana, M.M yang dipilih sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah (kolase dnews)
Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Nana Sudjana, M.M yang dipilih sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah (kolase dnews)

SEMARANG- Profil Nana Sudjana Pj Gubernur Jawa Tengah, Eks Kapolda Sulsel yang Gantikan Ganjar Pranowo

Nana Sudjana Di tunjuk Sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

penunjukan Nana Sudjana sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) berdasarkan hasil keputusan rapat tim penilaian akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. 

Mengingat ada sepuluh gubernur definitif yang masa jabatannya berakhir pada tanggal yang sama 5 September 2023, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Akmal Malik, Direktur Jenderal Otonomi Daerah di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), menjelaskan bahwa nama-nama Penjabat Gubernur masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) untuk mendapatkan pengesahan resmi. 

Hingga saat ini, keputusan tersebut baru sebatas informasi yang beredar dan belum sah.

Dilansir dari berbagai sumber, telah diumumkan sepuluh nama Penjabat Gubernur yang akan dilantik pada tanggal 5 September 2023 di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. 

Dari daftar tersebut, Nana Sudjana ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah. Sebelumnya, Nana Sudjana telah menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI sejak April 2023.

Profil Nana Sudjana 

Nana Sudjana merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 dan satu angkatan dengan mantan Kapolri Jenderal Idham Azis serta Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono. 

Selama kariernya di Polri, ia sering ditempatkan di bidang intelijen. Setelah lulus dari Akpol, Nana ditugaskan di Polresta Yogyakarta selama beberapa tahun. 

Kemudian, ia dipindahtugaskan ke Polres Metro Jakarta Barat pada tahun 2001. Selanjutnya, Nana Sudjana menjabat sebagai Kapolres Probolinggo (2006), Wakapolwiltabes Surabaya (2008), Analis Utama Tk III Badan Intelijen dan Keamanan atau Baintelkam Polri, serta Kapolresta Surakarta (2010).

Pada saat Nana menjabat sebagai Kapolrestabes Surakarta, Joko Widodo atau Jokowi yang sekarang menjadi Presiden RI masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...