Sabtu, Juni 22, 2024

Profil Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J yang Jadi Tersangka Dalam Kasus Penyebaran Berita Hoaks

Kamaruddin Simanjuntak dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana yang melibatkan penyebaran berita palsu atau hoaks

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J (foto-IST kolase dnews)
Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J (foto-IST kolase dnews)

PONTIANAK- Profil Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J yang Jadi Tersangka Dalam Kasus Penyebaran Berita Hoaks.

Bareskrim Polri secara resmi menetapkan Kamaruddin Simanjuntak sebagai tersangka dalam kasus penyebaran berita hoax serta pencemaran nama baik.

Penetapan ini terjadi setelah adanya laporan dari Direktur Utama PT Taspen, ANS Kosasih.

Brigadir Jenderal Adi Vivid Bachtiar, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, telah mengonfirmasi langkah ini dan membenarkan bahwa Kamaruddin Simanjuntak telah dijadikan tersangka berdasarkan laporan dari ANS Kosasih.

Penetapan status tersangka terhadap Kamaruddin Simanjuntak tertuang dalam surat keputusan dengan nomor S.Tap/85/VIII/RES.1.14/2023/Dittipidsiber, yang diterbitkan pada hari Senin, 7 Agustus 2023, dan ditandatangani oleh Brigadir Jenderal Adi Vivid Bachtiar, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Dalam surat tersebut, Kamaruddin Simanjuntak dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana yang melibatkan penyebaran berita palsu atau hoaks, dengan maksud sengaja menciptakan keonaran di kalangan masyarakat atau menyebarluaskan informasi yang tidak pasti, berlebihan, atau tidak lengkap. 

Dalam tindakannya, ia memiliki pemahaman bahwa perbuatannya ini berpotensi menimbulkan keonaran di tengah masyarakat. 

Selain itu, ia juga dituduh dengan sengaja merusak nama baik atau menghina seseorang dengan menuduh hal-hal yang tidak benar, sesuai dengan pasal-pasal yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan KUHP.

Profil Kamaruddin Simanjuntak

Kamaruddin Simanjuntak, yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, lahir pada tanggal 21 Mei 1974, memiliki perjalanan hidup yang penuh tantangan. 

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Siborong-borong pada tahun 1992, Kamaruddin Simanjuntak memutuskan untuk merantau ke Jakarta guna mencari peluang lebih baik.

Tidak mudah bagi Kamaruddin Simanjuntak dalam mengarungi kehidupan di Jakarta. Ia pernah mengalami masa sulit, bahkan harus tinggal di bawah kolong jembatan di Klender, Jakarta Timur, selama beberapa bulan. 

Meskipun menghadapi beberapa kegagalan dalam usaha bisnisnya, Kamaruddin Simanjuntak tidak menyerah. Pada tahun 2000, ia melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) di Jakarta. 

Keuletannya terbayar dengan meraih gelar sarjana dengan predikat Cum Laude.

Setelah menyelesaikan pendidikan, Kamaruddin Simanjuntak membuka kantor hukum dengan nama Firma Hukum Victoria. 

Selain berkarier sebagai seorang pengacara, ia juga pernah terlibat dalam pendirian Partai Demokrasi Republik Indonesia Sejahtera. 

Ia juga merupakan pengacara dalam kasus penembakan terhadap Brigadir Joshua Hutabarat atau yang dikenal brigadir J yang melibatkan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo beserta istri dan anak buahnya sebagai terdakwa.(Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...