Jumat, Februari 23, 2024

Profil dan Kiprah 5 Hakim Agung yang Beri Diskon Hukuman Sambo Cs, Suhadi Dikenal Tegas Dalam Perkara Korupsi

akibatnya vonis yang dijatuhkan adalah pidana penjara seumur hidup untuk Ferdy Sambo yang sebelumnya di vonnis hukuman mati

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
5 Hakim Agung sidang kasasi Ferdy Sambo Cs (foto-kolase dnews)
5 Hakim Agung sidang kasasi Ferdy Sambo Cs (foto-kolase dnews)

PONTIANAK- Profil dan Kiprah 5 Hakim Agung yang Beri Diskon Hukuman Sambo Cs, Suhadi Dikenal Tegas Dalam Perkara Korupsi.

Mahkamah Agung (MA) telah menolak upaya banding yang diajukan oleh mantan Kepala Divisi Propam Polri, Ferdy Sambo, terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua.

Namun, MA melakukan perubahan pada jenis dan kualifikasi tindak pidana yang dilakukan, akibatnya vonis yang dijatuhkan adalah pidana penjara seumur hidup untuk Ferdy Sambo yang sebelumnya di vonnis hukuman mati.

Putusan ini diambil dalam perkara dengan nomor 813 K/Pid/2023, yang diperiksa oleh majelis hakim yang diketuai oleh Suhadi dengan anggota Suharto, Jupriyadi, Desnayeti, dan Yohanes Priyana. Keputusan ini diumumkan pada Selasa 8 Agustus 2023.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Sobandi, mengatakan putusan kasasi menolak upaya banding yang diajukan oleh jaksa penuntut umum dan terdakwa, dengan perubahan kualifikasi tindak pidana yang dijatuhkan, menjadi pembunuhan berencana secara bersama-sama dan melakukan tindakan yang mengakibatkan sistem elektronik tidak berfungsi seperti seharusnya yang dilakukan bersama-sama. Vonisnya adalah pidana penjara seumur hidup.

Namun, ada perbedaan pandangan di antara para hakim. Dua dari lima hakim agung, yaitu Jupriyadi dan Desnayeti, tidak setuju dengan pengurangan hukuman terhadap keempat terpidana.

Berikut perubahan hukuman Pidana yang diputuskan oleh hakim Agung :

Ferdy Sambo: Hukuman mati diubah menjadi penjara seumur hidup.

Putri Candrawathi: Vonis 20 tahun penjara berkurang menjadi 10 tahun penjara.

Ricky Rizal: Hukuman 13 tahun penjara direvisi menjadi 8 tahun penjara.

Kuat Ma’ruf: Masa hukuman 15 tahun berubah menjadi 10 tahun penjara.

Profil dan Kiprah 5 Hakim Agung yang Beri Diskon Hukuman Sambo Cs

  • Suhadi

Suhadi, seorang tokoh penting dalam sistem peradilan Indonesia, lahir di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat pada 19 September 1953. 

Ia memegang posisi sebagai Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung, yang mulai diemban sejak 9 Oktober 2018, menggantikan Hakim Agung Artidjo Alkostar. 

Suhadi telah dikenal sebagai hakim yang sering menjatuhkan hukuman mati dan memiliki sikap tegas dalam perkara korupsi. Ia juga pernah memimpin majelis yang mengubah hukuman Ketua DPRD Jawa Barat, Irfan Suryanagara, dan istrinya, Endang Kusumawaty, dari pembebasan menjadi 10 tahun penjara atas kasus penipuan SPBU dan pencucian uang. 

Bersama dengan Artidjo Alkostar, Suhadi turut serta dalam menjatuhkan hukuman mati kepada lima gembong narkoba yang terlibat penyelundupan 800 kg sabu.

  • Suharto

Suharto, seorang Hakim Agung di Kamar Pidana Mahkamah Agung, juga memiliki peran sebagai juru bicara Mahkamah Agung. 

Ia menggantikan Andi Samsan Nganro yang memasuki masa purna tugas pada awal 2023. Dikenal publik sejak tahun 2021 ketika mulai mengenakan toga emas, Suharto memiliki sejarah yang panjang dalam peradilan Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...