Rabu, Juni 19, 2024

PPLN Sumbang Kasus Baru Covid-19 di Sanggau

DINDANEWS, SANGGAU – Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) kerap menjadi penyumbang kasus baru Covid-19 di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

“Temuan kasus baru ini membuat Zona Kuning kita stagnan. Kadang lama berubahnya,” kata Kasi Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sanggau Kristian Hendro, kemarin.

Ia menjelaskan, berdasarkan peta zonasi penyebaran Covid-19, Kabupaten Sanggau masih di Zona Kuning atau risiko sedang penularan Virus Corona.

Hal ini karena Kabupaten Sanggau memiliki kawasan perbatasan negara RI-Malaysia, menjalur jalur perlintasan orang dari luar negeri.

“Di sana (perbatasan) ada skrining kesehatan pelintas batas. Beberapakali Tes PCR pelintas batas, Covid-19 yang terdeteksi merupakan kasus baru di Kabupaten Sanggau,” kata Hendro.

Alhasil, Kabupaten Sanggau termasuk salah satu daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 sampai 14 Maret 2022 mendatang.

Bupati Sanggau Paolus Hadi selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-10, kata Hendro memerintah Tim Sosialisasi untuk lebih gencar mengimbau masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Bersamaan dengan itu, ajakan Vaksinasi Covid-19 juga dilaksanakan secara masif, walaupun cakupannya saat ini sudah 80 persen.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *