Selasa, Juni 25, 2024

Pontianak dan Kubu Raya Harus Lebih Waspada, Harisson: Banyak Warga Pulang ke Kalbar Jelang Imlek

DINDANEWS, PONTIANAK – Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) meminta Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya lebih waspada.

Pasalnya, Satgas Penanganan Covid Provinsi Kalbar mendapati kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya terus meningkat akhir akhir ini.

“Meningkatnya ini karena makin banyaknya warga Kalbar dari luar yang pulang ke Kalbar, apalagi ini menjelang Imlek,” kata Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalbar Harisson, kemarin.

Guna mengantisipasi penambahan kasus akibat pelaku perjalanan luar daerah atau luar negeri, Satgas Penanganan Covid-19 dituntut untuk melaksanakan Swab PCT Test secara acak.

Swab PCT Test itu mesti digalakkan di terminal-terminal kedatangan Bandar Udara Internasional Supadio.

“Sekarang masuk ke Kalbar itukan cukup antigen negatif. Sebenarnya itu tidak sensitif,” kata Harisson.

Antigen itu, jelas Harisson, kalau Cycle Threshold (CT) 25 ke bawah bisa membaca positif atau negatif. Tetapi kalau CT 25 ke atas hanya terbaca negatif, atau tidak bisa terbaca.

“Makanya kami akan melakukan pemeriksaan acak Swab PCR di terminal kedatangan Bandara Supadio,” terang Harisson.

Menurut Sekda Kalbar ini, semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan masuknya Varian Omicron di Kalbar dari kasus-kasus yang ditemukan.

Terlebih lagi Kota Pontianak baru-baru ini menemukan kasus positif dari pelaku perjalanan dari Jakarta yang masuk melalui Bandara Internasional Supadio yang kemudian menjadi klaster keluarga.

“Satu kasus ini, baru pulang dari Jakarta. Yang bersangkutan awalnya batuk pilek, kemudian melakukan swab PCR secara mandiri di laboratorium swasta,” cerita Harisson.

“Ternyata positif dengan CT 17. Setelah dilakukan tracing dan dilakukan pemeriksaan Swab PCR terhadap anggota keluarganya, ternyata positif,” tambah Harisson.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *