Selasa, Juni 25, 2024

PNS Terima Skema Gaji Tunggal, Ini Daftar Tunjangan yang Dihapuskan Termasuk Tunjangan Makan

Dalam skema ini, semua tunjangan yang biasanya diterima oleh PNS dan PPPK akan dihapus dan digantikan oleh satu penghasilan

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi tunjangan PNS yang di hapuskan (foto-unsplash)
ilustrasi tunjangan PNS yang di hapuskan (foto-unsplash)

PONTIANAK- PNS Terima Skema Gaji Tunggal, Ini Daftar Tunjangan yang Dihapuskan Termasuk Tunjangan Makan

Pemerintah tengah mengembangkan skema gaji tunggal atau single salary untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Dalam skema ini, semua tunjangan yang biasanya diterima oleh PNS dan PPPK akan dihapus dan digantikan oleh satu penghasilan yang mencakup seluruh komponen, termasuk gaji pokok dan tunjangan. 

Ini merupakan langkah yang sedang digodok oleh pemerintah untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan anggaran.

Selama ini, PNS menerima berbagai macam tunjangan, dan beberapa di antaranya termasuk tunjangan kinerja, tunjangan suami/istri, tunjangan anak, tunjangan makan, tunjangan jabatan, dan tunjangan umum. 

Pemerintah memiliki rencana untuk menghapus tunjangan-tunjangan tersebut. Berikut daftar tunjangan yang akan dihapus oleh pemerintah:

  • Tunjangan Kinerja

Tunjangan kinerja, yang dikenal sebagai tukin, merupakan tunjangan terbesar yang diterima oleh PNS. 

Besarannya bervariasi tergantung pada jabatan dan instansi tempat PNS bekerja, baik di tingkat pusat maupun daerah. 

Di tingkat pusat, PNS Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mendapatkan tukin tertinggi sebesar Rp 117.375.000 untuk jabatan struktural Eselon I dengan peringkat jabatan 27, sedangkan tunjangan terendah sebesar Rp 5.361.800 untuk jabatan pelaksana atau peringkat jabatan 4.

  • Tunjangan Suami/Istri

Tunjangan suami/istri diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1977. PNS yang memiliki suami/istri berhak menerima tunjangan suami/istri sebesar 5% dari gaji pokoknya. 

Jika suami dan istri keduanya adalah PNS, tunjangan hanya diberikan kepada salah satunya yang memiliki gaji pokok tertinggi.

  • Tunjangan Anak

Tunjangan anak PNS diatur dalam PP Nomor 7 Tahun 1977. Tunjangan anak sebesar 2% dari gaji pokok diberikan untuk setiap anak, dengan batasan hingga tiga orang anak. 

Anak PNS yang berumur kurang dari 18 tahun, belum menikah, tidak memiliki penghasilan sendiri, dan menjadi tanggungan PNS berhak mendapatkan tunjangan ini.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...