Jumat, Juni 14, 2024

Personel TNI ‘Bertani’ di Perbatasan Negara, Dansatgas Pamtas RI-Malaysia: Dukung Program Pemerintah

DINDANEWS, SANGGAU – Personel TNI yang ditempatkan di Pos Serangkang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti turut ‘bertani’ di perbatasan negara RI-Malaysia.

Dengan turut bertani, Personel TNI ini telah membantu para petani di perbatasan negara, tepatnya di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Para Personel TNI tersebut membantu para petani membersihkan lahannya dari rerumputan serta memperlacar pengairan sawah di kawasan perbatasan negara RI-Malaysia.

“Kegiatan itu sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat serta mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan,” kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono, Selasa 25 Januari 2022.

Hendro menjelaskan, untuk meningkatkan produktivitas pertanian, tentunya tanaman harus bebas dari hama, termasuk rumput yang bisa merusak kualitas tanaman padi.

Hal itu tentunya pekerjaan yang cukup sulit dilakukan para petani. Olehkarenanya Personel TNI turut membantu mereka membersihkan sawah.

“Dari kegiatan ini terlihat semangat kebersamaan antara Personel Satgas Pamtas dengan Bapak A Hay mencabuti rumput-rumput yang tumbuh di sawah miliknya,” kata Hendra.

Dengan langkah bersama ini diharapkan tanaman petani tersebut terhindari dari serangan hama. Sehingga produktivitas dan kualitas padinya bisa lebih baik.

Terpisah, Danpos Serangkang, Sertu Abdul Jalil mengatakan kegiatan tersebut mereka lakukan sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyatnya.

“Untuk menghasilkan padi yang berkualitas, maka perawatannya juga harus diperhatikan mulai dari pemilihan bibit padi, kondisi lahan, pemupukan,” kata Jalil.

Tidak kalah penting, kata Jalil, harus ada upaya untuk menjaga tanaman itu dari gangguan hama. Sehingga produktivitas meningkat.

“Untuk kami bersama-sama membersihkan rumput liar yang tumbuh di sawah warga,” pungkas Jalil.

A Hay, petani yang sawahnya dibersihkan Personel TNI mengaku sangat terbantu, sehingga ia berterima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns

Menurut A Hay Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns ini memang selalu peduli dengan keadaan lingkungannya. Mereka juga menghidupkan kembali budaya gotong-royong.

“Semoga dengan kedekatan seperti ini, TNI akan selalu dicintai oleh rakyat,” harap A Hay.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *