Sabtu, Juni 22, 2024

Perjuangan Suyatno, Tuna Daksa Peraih Emas Badminton di Peparprov Kalbar 2023

Suyatno, perwakilan Pontianak di ajang Peparprov Kalbar 2023 cabor badminton (Istimewa)

PONTIANAK – Perjuangan Suyatno, Tuna Daksa Peraih Emas Badminton di Peparprov Kalbar 2023

Suyatno, seorang atlet disabilitas berusia 27 tahun dari Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak sukses meraih medali emas dalam ajang Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) Kalimantan Barat 2023.

Kemenangan gemilangnya terjadi setelah menaklukkan perwakilan Kabupaten Sambas pada babak final cabang olahraga badminton kategori L3, Selasa, 28 November 2023.

Kisah perjuangan Suyatno sungguh memukau. Bermodalkan waktu latihan singkat dan baru terjun dalam dunia badminton setahun belakangan, Suyatno sudah mampu menunjukan prestasinya.

“Alhamdulillah, awalnya sulit karena lawan-lawan saya normal, tapi saya tidak pernah merasa minder atau putus asa. Saya percaya, setiap kekurangan pasti ada kelebihannya,” ujar Suyatno saat dihubungi pada Kamis, 30 November 2023.

Selain olahraga, keseharian Suyatno diisi dengan membantu keluarganya dalam berjualan di rumah.

“Keseharian saya kebanyakan di rumah membantu jualan. Ketika Sabtu dan Minggu tiba, saya biasanya ikut teman untuk membantu dalam pengoperasian sound sistem dan mengangkut alat-alatnya juga,” tutur Suyatno.

Bermain badminton bagi Suyatno bukan hanya sekadar olahraga, melainkan juga kesempatan untuk bersosialisasi.

“Saya mulai bermain badminton sekitar satu setengah tahun yang lalu setelah melihat teman-teman bermain. Saya tertarik dan mulai bermain hingga sekarang, rata-rata tiga kali seminggu dengan teman-teman yang normal,” tambahnya dengan semangat.

Musibah yang menimpanya di usia 4 tahun, saat jatuh dari ayunan dan menimbulkan masalah pada kakinya.

Karena lambatnya penanganan pada waktu itu, Ia diagnosa menderita saraf terjepit dan harus menerima keadaan seperti saat ini.

“Jatuhnya karena main sama kakak dan takut mau beri tahu orang tua, ketahuan orang tua itu pas kaki sakit dan suka nangis terus,” ujar Suyatno.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...