Rabu, Juni 19, 2024

Perbedaan Antara Aplikasi Threads dan Twitter 

aplikasi Threads secara resmi dirilis dan mulai digunakan oleh pengguna Instagram baru pada tanggal 6 Juli 2023, Sedangkan Twitter hadir lebih dulu pada tahun 2006

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Kolase Aplikasi Threads dan Twitter (foto-dnews)
Kolase Aplikasi Threads dan Twitter (foto-dnews)

PONTIANAK- Perbedaan Antara Aplikasi Threads dan Twitter.

Aplikasi Threads semakin viral di dunia media sosial terutama Indonesia, Meskipun merupakan bagian dari Instagram, aplikasi ini tidak mudah diakses.

Setiap orang yang ingin menggunakan Threads harus memiliki akun Instagram terlebih dahulu.

Threads mirip dengan Twitter dalam hal basis teks, tetapi Threads memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan video atau foto sebagai media pendukung.

Meskipun Threads telah diumumkan sejak tahun 2021, baru pada tanggal 6 Juli 2023 aplikasi ini secara resmi dirilis dan mulai digunakan oleh pengguna Instagram, Sedangkan Twitter hadir lebih dulu, yaitu pada tahun 2006.

Keberadaan Threads dianggap sebagai ancaman bagi Twitter yang sudah ada sebelumnya. 

Namun, hasil tinjauan dari beberapa pengguna menunjukkan adanya perbedaan yang mencolok antara keduanya.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara Threads dan Twitter:

  • Batasan Karakter Penulisan

Dalam Threads, pengguna dapat menulis teks hingga 500 karakter, sedangkan Twitter hanya membatasi hingga 280 karakter bagi pengguna yang tidak berlangganan berbayar.

  • Penggunaan Username

Pada Twitter, pengguna dapat membuat akun baru dengan username pilihan mereka, yang akan ditampilkan dengan simbol “@” di awal nama. 

Namun, pada Threads, penggunaan simbol “@” tidak diperlukan, melainkan menggunakan nama domain yang muncul di profil pengguna instagram.

  • Mengirim Pesan

Pengguna Twitter dapat mengirim pesan langsung melalui Direct Message (DM) kepada orang yang diikuti maupun yang tidak diikuti. Namun, Threads belum memiliki fitur DM untuk mengirim pesan.

  • Jumlah Follower

Threads tidak menampilkan jumlah following pada profil pengguna, sehingga pengguna Threads tidak dapat melihat jumlah following pada akun orang lain.

  • Kabar yang Sedang Trending

Pada Twitter, pengguna dapat melihat apa yang sedang trending saat ini melalui fitur “Trends For You”. Namun, fitur tersebut belum tersedia dalam Threads.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...