Senin, Juni 17, 2024

Penyaluran Dana PEN UMKM via BPD, Sukiryanto: Hendaknya Diperluas dan Diperpanjang Jangka Waktunya

DINDANEWS, JAKARTA – Guna membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat menggelontorkan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) triliunan rupiah.

Selain mendukung bidang kesehatan dan perlindungan sosial, dana PEN tersebut juga untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk masyarakat di daerah, Pemerintah Pusat menyalurkan dana PEN UMKM tersebut melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD).

DPD RI berharap penyaluran dana PEN UMKM melalui BPD itu diperluas lagi cakupannya, demikian pula dengan jangka waktunya.

“Distribusi dana PEN ke daerah melalui BPD yang difokuskan pada sektor UMKM hendaknya dapat lebih diperluas dan diperpanjang jangka waktunya,” kata Sukiryanto, Ketua DPD RI.

Sukiryanto menyampaikan hal tersebut ketika Rapat Kerja DPD RI dengan Kementerian Keuangan, di Gedung DPD RI Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa 19 Januari 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, realisasi dana PEN pada 2020 mencapai Rp579,78 triliun atau 83,4 persen dari target Rp695,2 Triliun.

Dana tersebut disalurkan untuk mendukung bidang kesehatan, dukungan UMKM, perlindungan sosial, pembiayaan korporasi, Kementerian dan Lembaga, Pemda, serta insentif usaha.

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *