Rabu, Juni 19, 2024

Pencanangan 4 Kelurahan Bersinar di Kota Pontianak, BNN: Mustahil Ini Bisa Diwujudkan Tanpa Komitmen Bersama

DINDANEWS, PONTIANAK – Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pemerintah Kota Pontianak mencanangkan 4 Kelurahan Bersinar (Bersih dari Narkoba), yakni Siantan Hulu, Siantan Hilir, Siantan Tengah dan Batu Layang.

Menurut Kepala BNN Kota Pontianak AKBP Ngatiya, pencanangan 4 Kelurahan Bersinar ini titik awal dalam upaya menciptakan masyarakat dan lingkungan yang bersih dari Narkoba.

Olehkarenanya, kata Ngatiya, dibutuhkan komitmen dan sinergitas dari tiap-tiap individu, keluarga dan lingkungan termasuk aparat terkait 4 Kelurahan Bersinar di Kota Pontianak ini.

“Mustahil ini bisa kita wujudkan tanpa adanya komitmen kita bersama,” ujar Ngatiya, usai pencanangan Kelurahan Bersinar di Taman Parit Nanas, baru-baru ini.

Ngatiya menjelaskan program Kelurahan Bersinar ini dicanangkan dari tingkat usat hingga ke daerah-daerah. Tujuannya, mencitakan wilayah-wilayah yang bersih dari Narkoba.

Kelurahan adalah ujung tombak dari seluruh kegiatan, baik itu kegiatan ekonomi maupun keamanan dan sebagainya. “Langkah ini lebih efektif jika dimulai dari tingkat kelurahan,” tutur Ngatiya.

“Kami berharap dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan target tersebut agar wilayah kita tidak lagi tercemar oleh peredaran dan penyalahgunaan Narkoba,” ucap Ngatiya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mendukung pencanangan Kelurahan Bersinar ini. Lantaran ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam memberantas Narkoba.

Sekaligus, lanjut dia, untuk mengantisipasi agar warga tidak terjerumus dalam peredaran dan penyalahgunaan Narkoba. “Setidaknya kita bersama-sama untuk menghindari penyalahgunaan Narkoba,” kata Edi.

Ia mengatakan, sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kota Pontianak memiliki kemudahan akses dari berbagai penjuru, baik lewat darat, sungai maupun udara.

Kemudahan itu menjadi orang mudah keluar masuk Kota Pontianak. Sehingga sulit mendeteksi siapa saja yang datang dan pergi.

Olehkarnanya, Edi mengajak warga Kecamatan Ponntianak Utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mempawah atau Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang berbatasan dengan Kabupaten Kubu Raya untuk waspada.

“Kalau ada hal-hal yang terindikasi adanya peredaran, penggunaan atau penyalahgunaan Narkoba bisa langsung dilaporkan kepada aparat penegak hukum atau BNN Kota Pontianak yang selalu siap untuk menerima laporan-laporan tersebut,” kata Edi.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga atau aktivitas positif lainnya supaya terhindar dan terbebas dari Narkoba.

“Kalaupun ada warga kita yang sudah terlanjur kecanduan Narkoba, ini juga harus kita rehabilitasi supaya bisa sembuh dan bisa normal kembali,” ujar Edi.

Sementara itu, Camat Pontianak Utara Dini Eka Wahyuni menerangkan, pencanangan Kelurahan Bersinar se-Kecamatan Pontianak Utara ini merupakan implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (RAN P4GN).

“Pencanangan ini sebagai langkah awal pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di wilayah Kecamatan Pontianak Utara,” kata Dini Eka.

Langkah selanjutnya, lanjut Dini Eka, Relawan Bersinar secara masif  akan menggelar kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi P4GN.

“Serta Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) oleh relawan terhadap korban penyalahgunaan Narkotika,” pungkas Dini Eka.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *