Selasa, Mei 21, 2024

Pemprov Kalbar Gencar Tingkatkan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional

DINDANEWS, PONTIANAK – Berdasarkan instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) gencar melakukan peningkatan jumlah kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN).

Peningkatan itu dilakukan merata untuk 14 Kabupaten dan Kota di Kalbar.

Sekretaris Daerah Kalbar Harisson menyatakan, peningkatan ini dilakukan untuk mencapai cakupan kesehatan semesta atau universal health coverage (UHC).

“Kesehatan semesta ini menjamin seluruh masyarakat untuk mempunyai akses kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif,” ungkap Harisson di Pontianak, Senin (14/2/2022).

Selain itu, kata Harisson upaya ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi Pemprov Kalbar terhadap instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melakukan jumlah kepesertaan JKN di Kalbar. Oleh karena itu, Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di setiap kabupaten dan kota harus naik sebesar 15 persen. Sebab hal itulah yang akan memacu peningkatan UHC di Kalbar.

“Kita akan mengupayakan secepatnya agar ada peningkatan jumlah masyarakat yang terdaftar dalam kepesertaan JKN,” tukas Harisson.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *