Rabu, Juni 19, 2024

Pelatihan Teknik Pertolongan di Permukaan Air, BPBD Sintang: Sangat Berguna untuk Bantu Evakuasi Korban

DINDANEWS, SINTANG – Teknik melakukan pencarian dan memberikan pertolongan terhadap korban yang mengalami kecelakaan di air sangat penting diketahui dan dipahami bersama.

Olehkarenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang sangat mengapresiasi pelatihan teknik pertolongan di permukaan air yang digelar Basarnas untuk potensi SAR di Sintang.

“Pelatihan ini sangat berguna dalam membantu mengevakuasi korban ketika mengalami kecelakaan saat di permukaan air,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Bernhad Saragih.

Ia menyampaikan hal tersebut ketika mewakili kehadiran Bupati Sintang Jarot Winarno dalam pembukaan Pelatihan Teknik Pertolongan di Permukaan Air bagi Potensi SAR Tahun 2022 di halaman Pos Pencarian dan Pertolongan Sintang, Kamis 3 Februari 2022.

Bernhad berharap, melalui pelatihan ini seluruh elemen masyarakat yang menjadi potensi SAR dapat menyatukan pola pikir dan pola tindak dalam melakukan pencarian dan pertolongan korban kecelakaan di air.

“Sehingga dapat menghasilkan semangat kemanusiaan dan efektifitas pelayanan pencarian dan pertolongan yang dibutuhkan,” kata Bernhad.

Menurut Bernhad, sebagai daerah yang baru saja mengalami banjir besar, Kabupaten Sintang tentunya membutuhkan Tim SAR yang sangat terlatih untuk membantun korban.

“Pelatihan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan khususnya di musim hujan,” ucap Bernhad.

Para potensi SAR yang mengikuti pelatihan teknik pertolongan ini diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatnya.

Selain itu, Bernhad mengingatkan, sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan SAR dengan masyarakat sangat penting.

“Supaya masyarakat mampu mengembangkan potensi SAR, memberikan pertolongan terhadap korban kecelakaan akibat bencana serta bahu membahu mengatasi dampak bencana atas dasar solidaritas dan kemanusiaan,” pungkas Bernhad.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *