Rabu, Juni 19, 2024

Partai Demokrat Rayakan HUT Ke-22, Ini Sejarah Kepemimpinan Dari Awal Hingga AHY yang Diganggu Moeldoko

Partai Demokrat didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono, yang terinspirasi oleh kekalahan dalam pemilihan calon wakil presiden pada sidang MPR

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono

PONTIANAK- Partai Demokrat Rayakan HUT Ke-22, Ini Sejarah Kepemimpinan Dari Awal Hingga AHY yang Diganggu Moeldoko

Partai Demokrat, sebuah partai politik yang didirikan pada tahun 2001, telah berkiprah dalam dunia politik Indonesia selama dua dekade. 

Partai ini tak lepas dari peran mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan keluarganya dalam mendirikannya. 

Dilansir dari laman web demokrat, Partai Demokrat didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono, yang terinspirasi oleh kekalahan dalam pemilihan calon wakil presiden pada sidang MPR tahun 2001. 

Kekalahan ini mendorong beberapa individu untuk mengusulkan SBY menjadi pemimpin bangsa Indonesia melalui partai politik, bukan lagi sebagai wakil presiden.

Perumusan konsep dasar partai ini dipimpin oleh sejumlah individu yang dikenal sebagai Tim Krisna Bambu Apus, dengan administrasi teknis yang diurus oleh Vence Rumangkang. Pada tanggal 19 Agustus 2001, pertemuan penting diadakan di Apartemen Hilton yang dipimpin langsung oleh SBY. 

Pada tanggal 20 Agustus 2001, Vence Rumangkang mengumpulkan orang-orang untuk mengimplementasikan konsep tersebut. Tim sembilan, yang terdiri dari Vence Rumangkang, Ahmad Mubarok, Yani Wahid, Subur Budhisantoso, Irzan Tanjung, RMH. Heroe Syswanto Ns, RF. Saragih, Dardji Darmodihardjo, Rizald Max Rompas, dan Rusli Ramli, dibentuk untuk mematangkan konsep dasar partai. 

Menurut hukum, sebuah partai politik harus memiliki lebih dari 50 anggota pendiri. Demokrat merekrut 99 orang, yang secara simbolis mencerminkan tanggal 9 bulan 9. 

Pada tanggal 9 September 2001, 46 dari 99 orang tersebut berkumpul di Gedung Graha Pratama Lantai XI, Jakarta Selatan, untuk menandatangani akta pendirian partai. Sementara 53 orang lainnya memberikan kuasa kepada Vence Rumangkang melalui surat kuasa.

Tepat pada tanggal 10 September 2001, Partai Demokrat didaftarkan ke Departemen Kehakiman dan HAM oleh Vence Rumangkang, Subur Budhisantoso, Sutan Bhatoegana, Rusli Ramli, Irzan Tandjung, dan RF. Sarag. 

Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM Nomor M.MU.06.08.-138 dikeluarkan pada tanggal 25 September 2001, yang mengesahkan Partai Demokrat sebagai partai politik resmi di Indonesia. 

Pada 9 Oktober 2001, Departemen Kehakiman dan HAM RI juga menerbitkan Lembaran Berita Negara Nomor 81 Tahun 2001 yang mengesahkan Partai Demokrat dan lambangnya. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...