Jumat, Juni 14, 2024

Pangan Murah Offline dan Online di Kalbar, Heronimus Hero: Melibatkan Bujang Kurir

DINDANEWS, PONTIANAK – Untuk menjaga stabilitas harga dan meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Pangan Murah.

Dengan menggandeng pihak-pihak terkait, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar menggelar Pangan Murah ini melalui dua cara, yakni secara offline dan online.

Pangan Murah offline dipusatkan di halaman Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar. Sedangkan online melalui pesan WhatsApp (WA).

“Untuk online, masyarakat tinggal kirim pesan dan kami antar secara gratis. Dalam kegiatan ini melibatkan jasa online lokal yakni Bujang Kurir,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero, Selasa 25 Januari 2022.

Heronimus Hero pun menjelaskan, melalui Pangan Murah ini masyarakat bisa mendapatkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasar.

Bersamaan dengan pelaksanaan Pangan Murah untuk meringankan beban masyarakat yang dihadapkan pada kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok, Hero mengaku terus mamantau stok dan harga di pasar.

“Kami dari pemerintah terus memantau stok dan harga sehingga inflasi tetap terkendali dengan kebutuhan masyarakat terjangkau,” kata Hero.

Salah satu hasil pemantauan tersebut diketahui bahwa kenaikan harga minyak goreng erat kaitannya dengan semakin tingginya harga CPO

Hero mengatakan, kendati Kalbar penghasil sawit terbesar kedua di Indonesia, karena CPO ini bahan baku, tetap saja berpengaruh pada harga minyak goreng.

“Semua perusahaan sawit menjual dalam bentuk CPO, walaupun ada yang langsung mengolahnya menjadi minyak goreng. Tetapi mereka juga membeli CPO dari perusahaan lain,” jelas Hero.

Dalam kondisi tersebut, Pangan Murah yang digelar instansi yang dipimpinnya ini juga diharapkan dapat menjaga stabilitas harga minyak goreng.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *