Sabtu, Juni 22, 2024

Napi Diberi Penyuluhan Kesehatan Alat Reproduksi, BKKBN: Serentak di 47 Lapas di Indonesia

DINDANEWS, PONTIANAK – Ratusan Narapidana (Napi) atau warga binaan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Klas IIa Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) diberi penyuluhan kesehatan alat reproduksi.

Napi lainnya juga sama, karena penyuluhan kesehatan alat reproduksi ini digelar serentak di 47 Lapas di seluruh Indonesia.

Kegiatan penyuluhan kesehatan alat reproduksi untuk Napi ini digelar dalam rangka Dies Natalis ke-76 Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada (KMK UGM).

“Kebetulan KMK UGM ini diketuai Kepala BKKBN Hasto Wardoyo,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Perwakilan Kalbar Muslimat, Sabtu 5 Februari 2022.

Penyuluhan kesehatan alat reproduksi ini merupakan hasil kolaborasi KMK UGM, Kemenkumham, Asosiasi Rumah Sakit TNI/Polri, BKKBN, YHKI dan  Koseindo se-Indonesia.

Selain pemahaman tentang kesehatan alat produksi, kolaborasi ini juga untuk memberikan pemahaman tentang layanan KB, Vaksinasi dan wawasan kebangsaan bagi para Napi.

Untuk layanan KB gratis, kata Muslimat, BKKBN Perwakilan Kalbar bekerjasama dengan RS Kartika Husana milik TNI.

“Dengan melakukan pelayanan enam pemasangan Intra Uterine Device (IUD) dan sembilan pemasangan implan,” ungkap Muslimat.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *