Selasa, Juni 25, 2024

Mustahil Jalan Kalbar Bisa Kondisi Mantap 100 Persen

DINDANEWS, PONTIANAK – Jika membandingkan panjang jalan yang harus dibangun dengan kemampuan keuangan daerah, mustahil dalam 5 tahun jalan di Kalbar bisa dalam kondisi mantap 100 persen.

“Di akhir jabatan saya nanti, syukur-syukur bisa mendekati 80 persen,” ucap Gubernur Kalbar Sutarmidji, Kamis 10 Februari 2022.

Panjang jalan Provinsi Kalbar 1.500 Kilometer namun dalam kondisi mantap baru 52 persen pada 2019. “Sehingga kondisi jalan belum mantap ada 48 persen,” kata Sutarmidji

Untuk menjadikan jalan sepanjang 1 Kilometer itu dalam kondisi mantap membutuhkan dana Rp6 Miliar. “Maka kita perlu sekitar Rp3 Triliun,” jelas Sutarmidji.

Dengan kasapasitas dan daya dukung yang lebih kuat, maka secara keseluruhan dana yang dibutuhkan Rp6 Triliun untuk menjadikan seluruh jalan Provinsi Kalbar dalam kondisi mantap.

“Kemampuan kita, itu tidak mungkin. Paling dalam waktu 5 tahun, itu hanya mampu Rp2,5 triliun. Itu pun sudah bagus,” kata Sutarmidji.

Olehkarenanya, Sutarmidji sudah memastikan, selama 5 tahun menjadi Gubernur Kalbar, tidak akan dapat menjadikan jalan provinsi dalam kondisi mantap 100 persen.

Apalagi, lanjut Sutarmidji, selain infrastruktur jalan, bidang pembangunan lainnya di Kalbar juga perlu dibenahi, seperti kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *