Selasa, Februari 27, 2024

Mengenal Sejarah Benteng Vastenburg Solo, Cagar Budaya yang Disita Terkait Kasus Korupsi Jiwasraya

Hal ini membuat Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat bergerak untuk menyita sejumlah aset yang terkait dengan kasus korupsi Jiwasraya di lokasi

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Kolase Cagar Budaya Benteng Vastenburg Solo dan plang penyitaan dari kejaksaan jakarta pusat (foto-kolase dnews)
Kolase Cagar Budaya Benteng Vastenburg Solo dan plang penyitaan dari kejaksaan jakarta pusat (foto-kolase dnews)

SOLO- Mengenal Sejarah Benteng Vastenburg Solo, Cagar Budaya yang Disita Kejaksaan Jakpus Terkait Kasus Korupsi Jiwasraya

Sejumlah bagian di Benteng Vastenburg, salah satu benteng bersejarah di Kota Solo, Jawa Tengah, telah disita oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat pada tanggal 26 Juli 2023. 

Tindakan penyitaan ini terlihat dari adanya plakat yang dipasang di beberapa titik di dalam benteng, dengan tulisan “Tanah dan Bangunan ini Beserta Isinya Disita Eksekusi oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat”. 

Penyitaan ini merupakan bagian dari kasus Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi yang melibatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan terdakwa Benny Tjokrosaputro. 

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat bertanggung jawab atas tindakan pemasangan plakat tersebut.

Benteng Vastenburg sebelumnya telah diatur dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 2937 K/Pid.Sus/2021 tertanggal 24 Agustus 2021, serta Surat Perintah Pencarian Harta Benda Milik Terpidana tertanggal 29 September 2021. 

Hal ini membuat Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat bergerak untuk menyita sejumlah aset yang terkait dengan kasus korupsi Jiwasraya di lokasi tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Solo, Susanto, telah mengonfirmasi mengenai proses penyitaan di Benteng Vastenburg. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...