Selasa, Juni 25, 2024

Mengenal Pos Lintas Batas Negara Pertama Di Indonesia, Ternyata Lokasinya Di Kalbar

PLBN, singkatan dari Pos Lintas Batas Negara, merupakan tempat pemeriksaan bagi orang dan barang yang melintasi batas wilayah negara

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
PLBN Entikong Sanggau (kolase dnews)
PLBN Entikong Sanggau (kolase dnews)

PONTIANAK- Mengenal Pos Lintas Batas Negara Pertama Di Indonesia, Ternyata Lokasinya Di Kalbar

Kalimantan Barat, sebuah provinsi yang berbatasan dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia Timur, selalu menjadi pusat perhatian negara-negara tetangga karena posisinya yang strategis. 

Upaya renovasi di wilayah perbatasan Kalimantan Barat terus diperbarui, termasuk renovasi beberapa Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di sana.

PLBN, singkatan dari Pos Lintas Batas Negara, merupakan tempat pemeriksaan bagi orang dan barang yang melintasi batas wilayah negara. 

PLBN di Kalimantan Barat memainkan peran penting sebagai garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan langsung dengan negara bagian Serawak, Malaysia.

Salah satu gerbang utama masuk ke Indonesia melalui wilayah Kalimantan Barat adalah PLBN Entikong, yang terletak di Jalan Malindo, Kabupaten Sanggau. 

PLBN Entikong mulai beroperasi pada 1 Oktober 1989, dan menjadi pos lintas batas pertama di Indonesia. 

PLBN Entikong awalnya dikelola oleh Kabupaten Sanggau, kemudian menjadi tanggung jawab Provinsi Kalimantan Barat, dan saat ini berada di bawah pengelolaan Badan Nasional Pengelola Perbatasan Kementerian Dalam Negeri.

Pembangunan PLBN Entikong dimulai pada tahun 2015 sebagai bagian dari program pembangunan tujuh PLBN terpadu. 

Tujuan utama pembangunan ini adalah untuk memfasilitasi perlintasan batas, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...