Jumat, Februari 23, 2024

Mendagri Tito Karnavian sebut Pemprov Kalbar Telah Banyak Kemajuan, Tapi Kualitas SDM-nya Harus Ditingkatkan

DINDANEWS, PONTIANAK – Di usia 65 tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) telah banyak kemajuan.

Tidak hanya diukur dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kemajuan juga dilihat dari perubahan-perubahan nyata di Kalbar.

Salah satu perubahan tersebut, pemekaran wilayah di Kalbar yang telah mendongkrak kecepatan laju pembangunan.

“Namun di balik itu semua, kualitas SDM di Kalbar harus ditingkatkan,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, secara virtual pada HUT ke-65 Pemprov Kalbar, kemarin.

Tito mengatakan, peningkatan kualitas SDM merupakan tanggungjawab semua lapisan masyarakat di Kalbar.

“Harus berpikir bagaimana membangun generasi muda menjadi SDM yang unggul, terdidik, terlatih dan kreatif,” jelas Tito.

Ia pun mengingatkan, bahwa bonus demografi harus menjadi nilai tambah bagi Provinsi Kalbar. Tetapi jangan melupakan sinersitas program antara Pusat dengan Daerah.

Senada juga disampaikan Gubernur Kalbar Sutarmidji yang menekankan pentingnya sinersitas antarpemerintah, baik pusat dengan daerah, maupun dengan kabupaten dan kota.

“Kita harus selalu meningkatkan sinergitas antara Pemprov dengan Pemkab. Misalnya dalam aspek pendidikan,” kata Sutarmidji.

Ia pun mengajak Pemkab dan Pemkot untuk duduk bersama dengan Pemprov Kalbar. Sehingga akan muncul variabel-v ariabel yang terukur dalam memajukan pendidikan di Kalbar.

Sutarmidji juga mengingatkan, membangun daerah harus bekerja sesuai RPMD Pemprov Kalbar dan menentukan prioritas-prioritas pembangunan yang tepat.

“Dalam melaksanakan hal tersebut, juga harus menguasai data dan mampu mengekspos data. Contohnya data mengenai ekspor CPO, selama ini tercatat hanya 1 juta ton sedangkan realitanya mencapai 5 juta ton per tahun,” pungkas Sutarmidji.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *