Rabu, Juni 19, 2024

Masa Jabatan Sutarmidji-Ria Norsan Berakhir, Kapan Pemilihan Gubernur Kalbar Kembali?

Salah satu Pj Gubernur yang dilantik adalah Harisson, yang saat ini menjabat sebagai sekretaris daerah Kalimantan Barat.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Gubernur Kalbar, Sutarmidji (kiri) dan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan (kanan) (kolase dnews)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji (kiri) dan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan (kanan) (kolase dnews)

PONTIANAK- Masa Jabatan Sutarmidji-Ria Norsan Berakhir, Kapan Pemilihan Gubernur Kalbar Kembali?

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, yang mewakili Presiden RI Joko Widodo, telah melakukan pelantikan 10 Penjabat (Pj) Gubernur di 10 daerah pada tanggal 5 September 2023. Pelantikan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Sebagai informasi, terdapat 10 gubernur definitif yang masa jabatannya berakhir pada tanggal tersebut dan akan digantikan oleh penjabat gubernur. 

Pelantikan ini diselenggarakan sebagai akibat berakhirnya masa jabatan gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023 pada tanggal 5 September 2023, termasuk jabatan gubernur Sutarmidji dan wakil gubernur Ria Norsan di provinsi Kalimantan Barat.

Salah satu Pj Gubernur yang dilantik adalah Harisson, yang saat ini menjabat sebagai sekretaris daerah Kalimantan Barat.

Sebelumnya, ada tiga nama yang diajukan sebagai calon Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, yaitu Heru Istyono, Harisson, dan Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Selanjutnya, setelah pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada awal tahun 2024, Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak. 

Pilkada serentak ini akan melibatkan puluhan provinsi, ratusan kabupaten/kota, serta ribuan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Tahapan Pilkada serentak 2024 akan dimulai segera setelah Pilpres dan Pileg berakhir, sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. 

Tahapan Pilkada serentak ini mencakup beberapa proses penting, mulai dari penetapan jadwal hingga penetapan pasangan calon terpilih.

Pilkada 2024 dijadwalkan akan dilangsungkan pada bulan November 2024, setelah pelantikan Presiden terpilih. 

Keputusan ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Pileg dan Pilpres 2024 akan diselenggarakan secara serentak pada Rabu, 14 Februari 2024, sementara Pilkada 2024 akan digelar serentak pada Rabu, 27 November 2024.

Dengan demikian, pemilihan gubernur dan Wakil gubernur akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...