Minggu, Juni 16, 2024

Lapak Pedagang Pasar Beringin Hampir Rampung

DINDANEWS, SINGKAWANG – Lapak sementara untuk para pedagang Pasar Beringin Kota Singkawang di Terminal Bengkayang sudah hampir rampung. Proses pembangunannya sudah mencapai 90 persen.

Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang akan memfungsikan lapak pedagang di Terminal Bengkayang itu jika revitalisasi Pasar Beringin sudah dimulai.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop dan UKM Singkawang, Dede Sudrajat, revitalisasi Pasar Beringin merupakan pekerjaan lintas OPD yang diketahui Asisten Perekonomian.

“Misalnya terkait dengan perencanaan ada di Dinas PUPR, Andalalin ada di Dishub, Amdal ada di DLH dan aset ada di BKD,” kata Dede, kemarin.

Sedangkan terkait dengan perjanjian besarnya retribusi dan kewajiban pihak ketiga ada di Kantor Pajak. Sementara Disperindagkop menangani masalah pedagang.

Meski pekerjaan sudah mencapai 90 persen, Dede belum bisa memastikan waktu pedagang Pasar Beringin Singkawang pindah ke lapak sementara itu.

Namun ia memastikan, sarana prasarana seperti air, listrik di lapak sementara tersebut akan disiapkan Pemkot Singkawang.

Sebelumnya, Kepala Disperindagkop dan UKM Singkawang Muslimin mengatakan, sebenarnya pembangunan lapak sementara pedagang Pasar Beringin ini sudah direncanakan sejak 2021.

Namun karena ada beberapa dokumen belum ramping, pembangunannya baru bisa dilaksanakan di awal Februari 2022.

“Saya berharap, pembangunan lapak sementara ini bisa diselesaikan pada pertengahan atau akhir Maret 2022. Dengan begitu program revitalisasi Pasar Beringin bisa segera dilaksanakan,” kata Muslimin.

Ia mengungkapkan, anggaran pembangunan lapak sementara pedagang Pasar Beringin tersebut Rp200 juta.

“Lapak sementara ini dapat menampung semua pedagang di Pasar Beringin dan sekitarnya,” ungkap Muslimin.***

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *