Rabu, Juni 19, 2024

Kuota Kredit Kepemilikan Rumah Syariah 15.000 Unit

DINDANEWS, PONTIANAK – Ketua Komite IV DPD RI, Sukiryanto menerima kunjungan pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Pontianak, Senin (21/2/2022).

Kunjungan itu membahas rencana kerjasama pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR) berbasis syariah di Kalimantan Barat.

“Jadi kita itu membahas tentang pembiyaan-pembiyaan rumah bersubdi dan non subsidi berbasis syariah. Alhamdulillah banyak masukan juga dari mereka,” ujar Sukiryanto kepada Dindanews.com.

Sukiryanto menuturkan pembiayaan property perumahan subsidi dan non subsidi berbasis syariah ini masih sulit ditemui di Kalbar.

Padahal kata dia, Kalbar memiliki kuota sebanyak 15.000 unit dari BSI pusat.

“Nanti itu tergantung, provinsi yang mana yang lebih banyak tidak diantar itu makanya semoga nanti dengan pertemuan ini banyak realisasi yang bisa dibangun,” jelas Sukiryanto.

Sukiryanto mengatakan masyarakat yang menggunakan pembiayaan syariah untuk membeli properti atau rumah masih sangat kecil dibandingkan dengan konvensional.

Karena itu kedepan perlu ada sinergi dan terobosan agar pembiayaan KPR syariah ini lebih berkembang.

“Padahal sejumlah stakeholder menilai bahwa kebutuhan hunian dengan konsep pembiayaan syariah memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan. Saat ini kurang lebih hanya 16 persen yang memanfaatkan KPR syariah,” tutup Sukiryanto.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *