Senin, Juni 17, 2024

Kronologi Ahin, Pria 85 Tahun Ditemukan Tewas di Lahan Terbakar

DINDANEWS, KUBU RAYA – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menelan korban jiwa. Ahin (85) ditemukan meninggal dunia di Jalan Angkasa Pura, Dusun Wonodadi, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (3/3/2022) malam.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H Kumontoy menuturkan sebelum ditemukan Ahin yang saat itu sedang pergi bercocok tanam dilahan miliknya dikabarkan hilang oleh istrinya, sebab belum pulang hingga malam hari. Setelah itu, warga bernisiatif mencari Ahin dilokasi lahan miliknya.

“Saat proses pencarian warga melihat motor milik korban, dan setelah kurang lebih satu jam korban ditemukan meninggal dunia dalam keadaan tertelungkup. Dengan kondisi hanya menggunakan celana training dan sepatu boot,” ujar AKBP Jerrold, Jumat (4/3/2022).

AKBP Jerrold menyatakan lahan ahin ditemukan meninggal dunia dilahan miliknya sendiri seluas 1,6 hektar yang sedang terbakar saat itu. Berdasarkan keterangan dari keluarga, kata Jerrold korban memang telah menggaarap lahan sejak tahun 1997.

“Dugaan sementara seperti yang kita dapatkan dari proses penyelidikan korban ini sudah cukup sepuh. Dan sudah kita mintai keterangan kepada istrinya korban ini juga sedang menderita sakit. Korban sepertinya kecapean dengan kondisi yang cukup terik dan pada saat itu juga ada kebakaran disekitar lahan korban,” terang AKBP Jerrold.

“Kemungkinan korban meninggalnya karena kepanasan sehingga pingsan dan meninggal dunia. Kita tidak bisa menyampaikan proses lebih lanjut karena sesuai dengan permintaan keluarga tidak ingin di otopsi,” lanjut dia.

Berdasarkan hasil visum, Jerrold menerangkan hanya ditemukan sejumlah luka bakar pada bagian tubuh korban. Sehingga tidak ada dugaan tindak pidana kekerasan. Atas kejadian ini Polres Kubu Raya mengamankan barang bukti berupa korek api, baju ganti, serta sepeda motor milik korban.

“Pihak keluarga telah menerima secara ikhlas,’’ tutup Jerrold.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *