Jumat, Februari 23, 2024

Kopi Bahenap Punya Cita Rasa Khas, Wakil Bupati Kapuas Hulu: Bila Dicampur Jahe Lebih Enak lagi

DINDANEWS, KAPUAS HULU – Beratnya medan yang dilalui dan melelahkan, seakan terobati ketika menikmati Kopi Bahenap, potensi di salah satu desa di Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Setidaknya demikian yang dirasakan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat ketika menikmati Kopi Bahenap yang disuguhkan warga kepadanya.

“Kopinya enak, citarasanya khas. Bila dicampur jahe lebih enak lagi,” ucap Wahyudi Hidayat sesaat setelah meminum Kopi Bahenap.

Seperti diketahui, ketika berangkat menuju Desa Bahenap, Kecamatan Kalis, Wahyudi harus mengendarai sepeda motor jenis trail, karena jalannya tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat.

Lantaran medan yang berat, Wahyudi bahkan sempat mengalami kecelakaan tunggal, terjatuh dari sepeda motornya ketika menuju Desa Bahenap. Beruntung kondisinya baik-baik saja.

Setibanya di Desa Bahenap bersama rombongan, Wahyudi mengaku tidak sia-sia perjalanan melelahkan yang baru dilakoninya.

“Ada gunanya berkunjung ke sana (Desa Bahenap), ada potensi kopi yang saya dan kawan-kawan temukan,” kata Wahyudi.

Ketika sedang berdiskusi dengan warga Desa Bahenap terutama para petani kopi, Wahyudi mendapat informasi, permintaan dari luar daerah terhadap Kopi Bahenap ini sudah banyak.

Tetapi, para petani di sana tidak mampu memenuhi permintaan tersebut, lantaran produktivitas Kopi Bahenap masih sangat terbatas.

Ternyata, kata Wahyudi, masyarakat di Desa Bahenap itu belum terlalu paham tentang bagaimana cara merawat kopi yang baik guna meningkatkan produktivitasnya.

Mendapati informasi langsung seperti itu, Wahyudi bertindak cepat untuk mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat terkait produktivitas Kopi Bahenap itu.

“Saya sudah instruksikan Dinas Pertanian agar memberi pelatihan untuk meningkatkan produksi kopi mereka. Pelatihan secepatnya, kalau bisa bantu pupuk juga agar produksi kopi masyarakat lebih baik,” ucap Wahyudi.

Melalui intervensi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu seperti ini, diharapkan produkvitas Kopi Bahenap dapat didongkrak.

Sehingga para petani dapat memenuhi permintaan Kopi Bahenap dari luar negeri. Muaranya, tentu kesejahteraan masyarakat di sana akan lebih baik.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *