Selasa, Mei 21, 2024

Koalisi Perubahan NasDem-PKS-Demokrat Rungkad! Anies Baswedan Tak Berdaya

Koalisi Perubahan NasDem-PKS-Demokrat Rungkad! Anies Baswedan Tak Berdaya (Kolase Dindanews)

PONTIANAK – Koalisi Perubahan NasDem-PKS-Demokrat Rungkad! Anies Baswedan Tak Berdaya

Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang sebelumnya didukung oleh Partai Demokrat, PKB, dan Partai NasDem, telah mengalami guncangan serius.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang juga Anggota Tim 8 Koalisi, Teuku Riefky Harsya menyebut keguncangan tersebut disebabkan keputusan sepihak dari Partai NasDem.

Teuku Riefky menyebut Anies Rasyid Baswedan dan Partai NasDem telah meneken kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengusung Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres.

Untuk memastikan kabar tersebut, Riefky menyebut kalau Demokrat sendiri sudah mengkonfirmasi secara langsung ke Anies Baswedan.

“Kemarin, 30 Agustus 2023, Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” ungkap Teuku Rifky dalam keterangan resminya pada Kamis, 31 Agustus 2023.

“Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum NasDem, Surya Paloh,” jelasnya.

Sebagai respons atas perubahan ini, Partai Demokrat akan menggelar rapat Majelis Tinggi Partai untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Menurut AD/ART Partai Demokrat tahun 2020, keputusan terkait koalisi dan pasangan Capres-Cawapres ditentukan oleh Majelis Tinggi Partai.

Berikut adalah kronologi dinamika yang terjadi dalam koalisi perubahan:

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 4 ): 1 234Selanjutnya »
What to read next...