Jumat, Juni 14, 2024

KIP Kuliah untuk Perguruan Tinggi Swasta Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Cara daftar KIP Kuliah 2023 untuk PTS tetap dilakukan melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan pendaftaran akan dibuka hingga tanggal 31 Oktober 2023

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
KIP Kuliah (foto-kemendikbud)
KIP Kuliah (foto-kemendikbud)

PONTIANAK- KIP Kuliah untuk Perguruan Tinggi Swasta Dibuka, Begini Cara Daftarnya.

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan dibuka mulai tanggal 23 Juni 2023. 

Bagi mereka yang berminat, berikut adalah cara daftar KIP Kuliah 2023 untuk PTS serta persyaratan yang perlu dipenuhi.

Cara daftar KIP Kuliah 2023 untuk PTS tetap dilakukan melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan pendaftaran akan dibuka hingga tanggal 31 Oktober 2023.

Sebelum mengikuti pendaftaran, calon penerima wajib memenuhi sejumlah persyaratan yang diberikan.

Berikut adalah persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah 2023:

1. Calon penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya.

2. Calon penerima KIP Kuliah harus memiliki potensi akademik yang baik namun terbatas secara ekonomi, yang didukung oleh bukti dokumen yang sah.

3. Calon penerima KIP Kuliah harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTS pada program studi dengan Akreditasi A atau B.

4. Memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan:

  • Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  • Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial.
  • Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin dengan batasan maksimal pada desil 3 Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).
  • Merupakan mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Jika syarat di atas telah terpenuhi, calon penerima baru bisa melanjutkan pendafaran dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Calon penerima melakukan pendaftaran akun secara mandiri melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

2. Pada saat pendaftaran, calon penerima harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta alamat email yang valid dan masih aktif.

3. Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi terhadap NIK, NISN, dan NPSN yang dimasukkan, serta menentukan kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses melalui email yang didaftarkan.

5. Calon penerima kemudian masuk ke dalam laman KIP Kuliah menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang diberikan.

6. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, proses verifikasi lebih lanjut akan dilakukan oleh perguruan tinggi sebelum pengusulan ke Pusat Layanan Pendidikan Tinggi (Puslapdik) sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah 2023. (Gil)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...