Jumat, Juni 14, 2024

Khatulistiwa Global Berkah: Pengolahan Buah, Sayur, dan Rempah Di Kalimantan Barat Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Pabrik ini akan memproses buah-buahan asli Kalimantan Barat menjadi berbagai produk bernilai tambah

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (HC) KH. Ma’aruf Amin, bersama dengan Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum dan Sukiryanto saat peresmian Khatulistiwa Global Food pada 23 November 2022
Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (HC) KH. Ma’aruf Amin, bersama dengan Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum dan Sukiryanto saat peresmian Khatulistiwa Global Food pada 23 November 2022

PONTIANAKKhatulistiwa Global Berkah: Pengolahan Buah, Sayur, dan Rempah Kalimantan Barat untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

Perusahaan pengolahan makanan yang dikenal sebagai Pabrik Khatulistiwa Global Berkah Pabrik ini yang terletak di Jalan Budi Utomo, Pontianak Utara.

Pembangunan pabrik ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi daerah dengan mengolah berbagai jenis buah, sayur, dan rempah khas Kalimantan Barat.

Pabrik ini diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (HC) KH. Ma’aruf Amin, bersama dengan Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. pada 23 November 2022.

Pabrik ini merupakan bagian dari PT. Seruni Abadi Jaya dan akan memproses buah-buahan asli Kalimantan Barat menjadi berbagai produk bernilai tambah. 

Beberapa buah yang akan diolah termasuk buah rambutan, buah langsat, cempedak, dan jeruk. 

Keempat jenis buah ini adalah buah-buahan musiman yang memiliki jumlah panen yang melimpah di Kalimantan Barat.

Berbagai produk hasil olahan dari buah-buah tersebut akan mencakup ekstrak tepung, koktil, manisan, dan jus. 

Selain itu, pabrik ini juga akan memproses jahe, nanas, dan ikan nila, yang merupakan sumber daya alam penting di Kalimantan Barat. 

Proyek ini memiliki target khusus dalam pengolahan ikan nila, dengan kemampuan untuk mengolah hingga 300 ton ikan nila setiap bulannya. Sumber ikan berasal dari 900 tambak yang tersebar di seluruh Kalimantan Barat.

contoh produk yang akan diolah oleh pabrik Khatulistiwa Global Food (foto dnews)
contoh produk yang akan diolah oleh pabrik Khatulistiwa Global Berkah (foto dnews)

Konsep di balik pendirian pabrik ini adalah untuk membangun pemberdayaan ekonomi berdasarkan prinsip keseimbangan. 

Ini mencerminkan kolaborasi antara usaha besar dengan usaha kecil, dengan menghubungkan rantai ekonomi yang lebih luas untuk menciptakan dampak positif pada masyarakat. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...