Rabu, Juni 19, 2024

Ketua Komite IV DPD Minta Masyarakat Dukung Perpindahan Ibu Kota Negara

DINDANEWS, PONTIANAK – Ketua Komite IV DPD RI Sukiryanto meminta seluruh masyarakat di Kalimantan mendukung perpindahan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Menurut dia, perpindahan ibu kota negara akan berdampak pada pembangunan di Kalimantan secara umum.

“Saya menghimbau masyarakat, khususnya masyarakat Kalimantan agar mendukung penuh ibu kota negara ini,” kata Sukiryanto yang juga Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalbar, Minggu (23/1/2022).

Sukiryanto menerangkan, perpindahan ibu kota negara di Kalimantan adalah momentum sejarah. Sebab, lanjut dia, bukan tidak mungkin Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dipimpin oleh orang Kalimantan.

“Kelak Presiden Indonesia juga akan berasal dari orang Kalimantan,” ucap Sukiryanto.

Sebelumnya, Sukiryanto meminta Presiden Joko Widodo memilih orang Pulau Kalimantan sebagai Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN).

Sukiryanto menyebut, setidaknya ada empat orang Kalimantan yang layak memimpin ibu kota negara yang telah ditetapkan bernama Nusantara tersebut.

Keempat nama itu adalah eks Gubernur Kalbar Cornelis, Wakil Ketua MPR Mahyudin, eks Gubernur Kalteng Teras Narang dan Anggota DPD RI Martin Billah.

“Intinya itu, hanyak orang Kalimantan yang mampu memimpin ibu kota negara,” kata Sukiryanto.

Sukiryanto menerangkan, ibu kota negara berada di Pulau Kalimantan, sehingga dibutuhkan sosok yang sudah mengerti dengan segala kondisi dan demografi setempat.

“Pokoknya kita, khususnya saya, selaku masyarakat Kalimantan agar yang menjadi Kepala Otoritas IKN adalah orang Kalimantan,” ucap Sukiryanto.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *