Sabtu, Desember 2, 2023

Ketua Komite IV DPD Minta Kepala Otoritas IKN Orang Kalimantan

DINDANEWS, PONTIANAK – Ketua Komite IV DPD RI Sukiryanto meminta Presiden Joko Widodo memilih orang Pulau Kalimantan sebagai Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN).

Sukiryanto menerangkan, ibu kota negara berada di Pulau Kalimantan, sehingga dibutuhkan sosok yang sudah mengerti dengan segala kondisi dan demografi setempat.

“Pokoknya kita, khususnya saya, selaku masyarakat Kalimantan agar yang menjadi Kepala Otoritas IKN adalah orang Kalimantan,” kata Sukiryanto saat dihubungi, Sabtu (22/1/2022).

Sukiryanto mengatakan, saat ini, banyak tokoh asal Kalimantan yang layak memimpin ibu kota negara. Mereka, di antaranya adalah kepala daerah yang sukses memimpin daerahnya masing-masing, selain itu ada juga senator dan wakil rakyat.

Menurut Sukiryanto, di antara tokoh Kalimantan yang layak memimpin ibu kota negara adalah eks Gubernur Kalbar Cornelis, Wakil Ketua MPR Mahyudin, eks Gubernur Kalteng Teras Narang dan Anggota DPD RI Martin Billah.

“Intinya itu, hanyak orang Kalimantan yang mampu memimpin ibu kota negara,” jelas Sukiryanto.

Diberitakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) akan segera dilakukan setelah disahkannya UU. Tidak dalam waktu dekat, namun nama pimpinannya sudah dibicarakan.

Adapun IKN diberi nama Nusantara yang nantinya akan dipimpin oleh Kepala Otoritas. Pimpinannya setara dengan Menteri yang akan dipilih, dihentikan dan bertanggung jawab langsung ke Presiden.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan nama Kepala Otoritas sudah ada di Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya nama tersebut akan diumumkan langsung oleh Presiden.

“Mengenai siapa yang akan ditunjuk Presiden bisa ditanya ke Presiden. Itu ada di kantong beliau,” ujarnya di Gedung DPR RI, Selasa (18/1/2022).

Sebelumnya beredar beberapa nama yang akan ditunjuk sebagai Kepala Otoritas IKN Nusantara, salah satunya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mengenai hal tersebut Suharso menyebutkan tidak tahu tapi dipastikan adalah pilihan terbaik.

“Saya tidak tahu (siapa orangnya) tapi pasti pilihannya orang yang tepat,” jelasnya.

Sebelumnya beredar empat nama pemimpin IKN Nusantara di Kalimantan Timur tersebut. Nama-nama ini adalah Bambang Brodjonegoro yang pernah membantu Jokowi sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas dan juga Menristek.

Kemudian ada juga nama, Azwar Anas yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Lalu ada Ahok serta Tumiya mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *