Selasa, Mei 21, 2024

Kekayaan La Ode Ahmad Monianse, Walikota yang Hanya Miliki Tanah dan Bangunan Dari Hasil Warisan 

La Ode Ahmad Monianse, Walikota Baubau (kolase dnews)
La Ode Ahmad Monianse, Walikota Baubau (kolase dnews)

PONTIANAK- Kekayaan La Ode Ahmad Monianse, Walikota yang Hanya Miliki Tanah dan Bangunan Dari Hasil Warisan 

Sebagai Seorang Walikota, jabatan ini merupakan salah satu posisi yang memiliki dampak signifikan dalam administrasi kota. 

Seorang walikota bertanggung jawab atas kepemimpinan eksekutif dan manajemen berbagai aspek yang terkait dengan kota tersebut. 

Tugas-tugas mereka melibatkan perumusan kebijakan, pengawasan pelaksanaan program pemerintah, memastikan pelayanan publik yang efisien, dan menjaga hubungan yang harmonis dengan berbagai pihak, termasuk penduduk kota, perusahaan, dan lembaga lain.

Peran sebagai pemimpin eksekutif kota mengharuskan walikota untuk mengelola beragam bidang seperti anggaran, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, transportasi, lingkungan, keamanan, dan sektor lain yang membentuk kehidupan di kota. 

Keputusan-keputusan yang bijaksana diperlukan guna memastikan pertumbuhan kota yang berkelanjutan serta kualitas hidup yang baik bagi warganya.

Fasilitas yang diberikan kepada walikota sering mencerminkan pentingnya peran mereka dalam struktur pemerintahan. 

Selain fasilitas kantor, walikota juga bisa diberikan fasilitas lain yang menandakan posisinya sebagai pemimpin kota. 

Sebagai seorang walikota tentu biasanya sangat dekat dengan kehidupan yang bergengsi dan kekayaan yang melimpah dillar fasilitas yang diberikan negara.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi seorang Walikota Baubau. Meskipun memiliki jabatan yang tinggi, ia hidup secara sederhana dan dianggap sebagai Walikota paling minim harta di Indonesia.

Ia menjalani hidup yang jauh dari kemewahan, bahkan tinggal di rumah warisan keluarga. 

Namun, yang membedakan adalah kepatuhannya terhadap prinsip sederhana ini. Ia adalah Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Terdapat hal menarik dalam konteks ini, yaitu La Ode Ahmad Monianse tercatat tidak memiliki hutang apapun. 

Dilansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2023 untuk priodik 2022 kekayaan yang dimilikinya senilai Rp. 619.595.002.

Daftar rincian kekayaannya hanya terdiri dari Tanah dan Bangunan Seluas 306 m2/105 m2 di Kota Baubau, warisan keluarga senilai Rp300.035.800.

Selain itu ada Harta bergerak lainnya senilai Rp136.800.000, serta Kas dan setara kas senilai Rp182.759.202.

La Ode Ahmad Monianse pun tercatat tidak memiliki hutang. (Ain) 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...