Selasa, Juni 25, 2024

Kalbar Sepekan: Bentrok Pekerja Sawit dengan Polisi di Bengkayang Hingga Pria di Ketapang Terpanggang Api Saat Bakar Lahan

Kalbar Sepekan (Kolase Dindanews)

PONTIANAK – Kalbar Sepekan: Bentrok Pekerja Sawit dengan Polisi di Bengkayang Hingga Pria di Ketapang Terpanggang Api Saat Bakar Lahan

Dalam satu minggu ke belakang, beragam peristiwa terjadi di Kalimantan Barat.

Dindanews merangkum beragam peristiwa tersebut dalam Kalbar Sepekan, berikut ulasannya:

1. Demo Karyawan Duta Palma Bengkayang Berujung Bentrok dengan Polisi

Pada tanggal 19 Agustus 2023, demonstrasi yang dilakukan oleh ratusan karyawan PT Duta Palma Agro Group di Kabupaten Bengkayang berakhir dengan bentrokan dengan aparat kepolisian.

Ratusan karyawan perusahaan tersebut turun ke jalan dalam bentuk protes, yang berujung pada situasi ricuh ketika mereka berhadapan dengan kepolisian.

Peristiwa ini terjadi setelah dua minggu lamanya, sejak dimulainya aksi demonstrasi oleh para karyawan perusahaan.

Demonstrasi ini merupakan upaya para karyawan untuk menyuarakan sejumlah tuntutan yang mereka miliki terhadap manajemen PT Duta Palma.

Situasi semakin memanas ketika pihak kepolisian mencoba untuk membuka blokade jalan menuju kantor pusat perusahaan yang dibuat oleh para karyawan.

Bentrokan fisik terjadi, mengakibatkan beberapa kendaraan taktis polisi mengalami kerusakan.

Selain itu, dalam situasi tersebut, beberapa pengunjuk rasa juga mengalami cedera akibat terkena tembakan peluru karet yang digunakan oleh pihak kepolisian.

Salah satu tuntutan utama para demonstran adalah peningkatan besaran upah yang sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) setempat.

Selain itu, mereka juga menekankan pentingnya penyediaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) oleh pihak perusahaan PT Duta Palma.

2. Pria di Ketapang Tewas Terpanggang Api Saat Membakar Lahannya Sendiri
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...