Rabu, Juni 12, 2024

Jalan Amin dan KS Tubun Butuh Rp8 Miliar

DINDANEWS, KAPUAS HULU  – Untuk mengatasi kerusakan Jalan Amin dan KS Tubuh di Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu setidaknya membutuhkan anggaran Rp8 Miliar.

Kebutuhan anggaran tersebut Rp2 Miliar untuk mengatasi kerusakan Jalan Amin dan Rp6 Miliar untuk Jalan KS Tubuh Putussibau Utara.

“Butuh Rp2 Miliar untuk meninggikan Jalan Amin dan buat drainase,” kata Bupati Kapuas Hulu Fransikus Diaan, saat meninjau Jalan Amin, Jumat 18 Februari 2022.

Fransiskus Diaan menjelaskan, kerusakan Jalan Amin karena genangan air akibat kondisi jalan yang rendah dan tidak adanya saluran pembuangan air.

Olehkarenanya, lanjut dia, untuk mengatasi kerusakan Jalan Amin ini harus melakukan peninggian jalan dan pembuatan drainase. Supaya tidak terjadi genangan.

Apabila jalannya sudah tinggi dan airnya tersalurkan lewat pembuangan ke Kapuas, maka fungsi Jalan Amin akan lebih baik.

Selain meninjau Jalan Amin, Fransiskus Diaan juga meninjau Jalan KS Tubuh yang rusak di Kecamatan Putussibau Utara tersebut.

Ia mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyiapkan paket pembangunan jembatan Sungai Nyamuk.

“Jalan KS Tubun butuh pagu dana Rp6 Miliar, kemungkinan jalannya ditinggikan juga,” ungkap Fransiskus Diaan

Ia juga menjelaskan bahwa penganggaran perbaikan jalan dan drinase tersebut tidak bisa sekaligus, sebab anggaran daerah sangat terbatas.

Demikian juga di ruas jalan dalam kota Putussibau lainnya, masih ada beberapa titik yang rusak.

“Ini kalau memungkinkan tahun depan baru kita anggarkan, kita buat perencanaan dulu dengan baik,” pungkas Fransiskus Diaan.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *