Sabtu, Juni 22, 2024

Ini Daftar Kementerian yang Buka Lowongan CPNS 2023 Bagi Tamatan SMA/SMK

Berikut 8 kementerian atau badan yang membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK dalam penerimaan CPNS tahun 2023 dan tahun-tahun sebelumnya

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi PNS (kolase dnews)
ilustrasi PNS (kolase dnews)

PONTIANAK- Ini Daftar Kementerian yang Buka Lowongan CPNS 2023 Bagi Tamatan SMA/SMK

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 akan segera dibuka pada tanggal 17 September 2023. 

Berbeda dengan seleksi CPNS sebelumnya, di tahun 2021, kali ini pendaftaran tidak hanya terbuka bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan D3 atau S1, tetapi juga bagi lulusan SMA/SMK atau sekelasnya. 

Beberapa kementerian dan instansi pemerintah telah mengumumkan kebutuhan mereka terhadap CPNS tahun 2023, sementara beberapa lainnya masih dalam tahap pengumuman. 

Berikut 8 kementerian atau badan yang membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK dalam penerimaan CPNS tahun 2023 dan tahun-tahun sebelumnya :

  • Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan juga mengakomodasi lulusan SMA/SMK dalam penerimaan CPNS. Pada tahun-tahun sebelumnya, lulusan SMA dapat mengisi berbagai posisi, termasuk pengemudi ambulans dan pemula-kataloger.

  • Badan Intelijen Negara

Merujuk pada penerimaan CPNS tahun sebelumnya, Badan Intelijen Negara juga telah membuka berbagai formasi bagi lulusan SMA/SMK, seperti pengadministrasian rekam medis dan informasi, serta pramu laboratorium.

  • Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kemenkumham telah mengumumkan adanya 1.015 formasi CPNS untuk tahun 2023. Pada tahun-tahun sebelumnya, lulusan SMA/SMK berpeluang mengisi posisi sebagai penjaga tahanan.

  • Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian memberikan kesempatan kepada lulusan SMA untuk beberapa formasi yang dibutuhkan.

  • Kejaksaan Agung 

Kejaksaan Agung telah mengumumkan formasi CPNS tahun 2023. Melalui akun Instagram resmi @biropegkejaksaan, disebutkan bahwa Kejaksaan Republik Indonesia akan membuka 7.846 formasi CPNS dalam seleksi tahun ini. 

Formasi ini diperuntukkan juga bagi lulusan SMA/SMK dan mencakup posisi Petugas Barang Bukti serta Penjaga Tahanan.

  • Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan membuka sejumlah formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK. Meski informasi resmi mengenai formasi CPNS tahun 2023 belum dirilis, berdasarkan penerimaan tahun 2021, tercatat ada 2.445 formasi yang ditawarkan, dengan 684 di antaranya ditujukan bagi lulusan SMA/SMK.

  • Kementerian Lingkungan Hidup

Kementerian Lingkungan Hidup membuka peluang penerimaan CPNS bagi lulusan SMA sederajat. 

Kebutuhan ini ditujukan untuk mengisi posisi sebagai polisi hutan dalam sektor kehutanan dan pertanian. Meskipun informasi mengenai formasi tahun 2023 belum tersedia di situs resmi https://casn.menlhk.go.id/, peluang tetap terbuka.

  • Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas)

Selain kementerian, Basarnas juga membuka peluang penerimaan CPNS bagi lulusan SMA/SMK. Salah satu posisi yang dapat diisi adalah Rescue pemula. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...